Jerawat Ternyata Miliki Hal Positif

Ketika jerawat muncul di wajah, kekhawatiran sering kali menghantui kita. Hal ini bisa membuat kita merasa sedih dan terus-menerus memikirkan cara untuk menghilangkannya agar wajah menjadi mulus, bersinar, dan bercahaya.

Memang wajar jika kita merasa tidak percaya diri ketika jerawat muncul di wajah, karena hal ini bisa mengganggu dan merusak kecantikan kulit.

Namun, sebenarnya ada sisi positif di balik munculnya jerawat. Apa saja hal positif yang bisa kita temukan dari kehadiran jerawat?

- Iklan -
  1. Proses penuaan berjalan lebih lambat pada kulit yang berjerawat. Studi yang dipublikasikan di Journal of Investigative Dermatology menunjukkan bahwa kulit yang memiliki jerawat cenderung memiliki pelindung kulit yang umumnya lebih panjang di ujung telemornya (bagian kromosom dalam sel darah putih), sehingga tanda-tanda penuaan dapat muncul lebih lambat.
  2. Mengingatkan untuk menjaga asupan makanan. Ketika mengalami jerawat, secara tidak langsung kamu akan lebih memperhatikan dan mengontrol asupan makananmu.
  3. Mengingatkan untuk rajin membersihkan makeup. Saat jerawat muncul, kamu akan lebih rajin dalam membersihkan dan merawat wajahmu.
  4. Membangun self-love. Menghadapi masalah jerawat akan membantu kamu memahami cara yang lebih baik untuk merawat kulitmu, sehingga perasaan cinta terhadap diri sendiri akan tumbuh.
Baca Juga:  Macam-macam Penyakit Pernapasan dan Cara Penyembuhannya

Informasi ini penting untuk dipahami sehingga ketika jerawat muncul, kita tidak mudah stres dan lebih tenang dalam menanganinya.

4 Manfaat

Terdapat empat manfaat yang mungkin tidak disadari ketika jerawat muncul:

- Iklan -
  1. Kulit yang cenderung berjerawat akan menua lebih lambat dibandingkan dengan orang lain.
  2. Jerawat menjadi cara tubuh memberi sinyal untuk menjaga asupan makanan yang tidak baik untuk kita.
  3. Jerawat mengingatkan kita untuk rajin membersihkan alat makeup karena kotoran dari alat makeup dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.
  4. Jerawat merupakan sarana untuk lebih mengenal diri sendiri dan membantu dalam proses pengembangan self-love.

Tips untuk Keberhasilan Perawatan

Berikut adalah ulang dari tips perawatan kulit yang disarankan:

  1. Patuhi rutinitas pemakaian skin care sesuai dengan anjuran. Teratur dan sabar dalam menangani masalah kulit. Jika ada keluhan, konsultasikan dengan ahli. Lakukan facial di klinik atau salon terdekat minimal sekali dalam sebulan atau setiap 14 hari, karena ini saat pertumbuhan sel kulit baru.
  2. Pastikan untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, serta minum air putih minimal 2 liter per hari. Hindari penggunaan makeup secara berlebihan dan pastikan untuk cukup istirahat.
  3. Tips ini dapat langsung dipraktikkan, namun sebaiknya tidak disimpan terlalu lama agar tidak berjamur.
  4. Percayalah bahwa meskipun kulit wajah tidak selalu tampak berkilau, dengan rutin melakukan facial dan perawatan kulit, InsyaAllah kulit akan tetap sehat. Hasil akhirnya, kita serahkan pada takdir Allah.
  5. Masalah seperti komedo dan kerutan serta masalah kulit lainnya akan teratasi dengan cepat dan efektif jika diresapi dengan penuh kepercayaan.
Baca Juga:  Waspada Parasit Cacing, Begini Cara Membasminya

(ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU