Ini Penyebab Terjadinya Jerawat

Jerawat sering muncul saat remaja dan menjelang dewasa karena faktor tertentu. Namun, jika tidak diobati, jerawat bisa berlanjut bahkan hingga usia tua dan meninggalkan bekas berupa bopeng pada wajah.
Tidak semua orang mengalami jerawat pada rentang usia tersebut. Beberapa memiliki wajah mulus, mungkin karena faktor internal yang tidak menyebabkan jerawat muncul.
Ternyata, ada berbagai faktor penyebab jerawat, salah satunya adalah diagnosis dan strategi pengobatan yang tepat. Penting juga untuk memahami masalah kulit berjerawat, termasuk faktor-faktor yang memengaruhinya, jenis-jenis jerawat, dan perawatannya. Informasi mengenai perawatan dan pengobatan, serta membedakan antara mitos dan fakta tentang jerawat, juga perlu diketahui.

Jerawat bisa dipicu oleh berbagai faktor:

  1. Faktor genetik atau keturunan.
  2. Tingkat hormon testosteron, terutama pada pria.
  3. Infeksi bakteri yang menginfeksi kulit wajah.
  4. Menggaruk atau menyentuh wajah secara berlebihan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  5. Faktor usia.
  6. Pori-pori wajah tersumbat oleh sel-sel kulit mati.
  7. Konsumsi minuman beralkohol dan merokok. Kurangnya asupan vitamin A dan B dalam makanan.
  8. Kebiasaan memegang dan memencet jerawat.
  9. Paparan sinar matahari secara langsung yang terlalu sering.
  10. Ketiadaan kebersihan wajah, termasuk kurangnya kebiasaan mencuci muka secara rutin.
  11. Rambut kotor yang menyentuh wajah.
  12. Stres atau tekanan pikiran yang berlebihan.
  13. Kelenjar minyak yang terlalu aktif.
  14. Penurunan hormon pada wanita.
  15. Penggunaan pil KB.
  16. Paparan polusi udara yang kotor.
  17. Konsumsi cokelat secara berlebihan.
  18. Alergi terhadap bahan kimia dalam kosmetik.
  19. Kondisi darah yang tidak bersih.
  20. Kurangnya asupan air putih.
  21. Kurang menjaga kebersihan kulit.
Baca Juga:  Mengenal Keunggulan SPF dan PA+++

Beberapa orang, terutama wanita, sering mengalami masalah kulit yang dapat mengurangi rasa percaya diri mereka dan membuat mereka enggan keluar rumah.

Di antara berbagai masalah kulit, wanita lebih sering mengalami masalah seperti jerawat, flek melasma, selulit, dan sebagainya.

- Iklan -

Masalah kulit memiliki berbagai gejala dan tingkat keparahan yang bervariasi. Mereka dapat bersifat sementara atau permanen, dan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan.

Beberapa masalah kulit dapat disebabkan oleh faktor situasional, perubahan hormon, genetik, bahkan menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius dan berpotensi mengancam jiwa.

Baca Juga:  Hindari! 5 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Sariawan

Jika tidak ditangani dengan cepat, masalah kulit bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang. Salah satu masalah kulit yang paling umum adalah jerawat.

- Iklan -

Dari masa pubertas hingga dewasa, jerawat sering kali menjadi masalah kulit wajah yang sulit diatasi.

Jerawat dapat muncul karena berbagai faktor, seperti produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori kulit wajah, infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan, hormon, serta benda asing seperti kotoran, debu, dan makeup yang menempel terlalu lama pada wajah.

Meskipun begitu, tidak perlu khawatir tentang masalah jerawat dan masalah kulit wajah lainnya. Sudah banyak produk perawatan yang tersedia untuk mengatasi hal tersebut.

- Iklan -

Mulai dari pencuci muka untuk membersihkan wajah, salep yang mengurangi peradangan, hingga bedak yang berfungsi sebagai pelindung dan perawatan wajah. Semuanya sudah tersedia, tinggal memilih sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU