Kapan Malam 1 Suro 2022? Catat Tanggal-nya

FAJAR Pendidikan

Bulan Suro dalam kalender hijriah disebut juga sebagai bulan Muharam. Lantas  malam 1 suro 2022 jatuh pada tanggal berapa?

Menurut perhitungan kalender Masehi, malam 1 Suro 2022 bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022. Sedangkan dalam kalender islam atau hijriah, 1 Suro 2022 bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah.

Bulan Suro atau disebut juga Sasi Sura, adalah bulan pertama dalam kalender Jawa. Kalender Jawa sendiri adalah sistem penanggalan yang digunakan Kesultanan Mataram pada masa kepimpinan Sultan Agung Hanyakrakusuma tahun 1613-1645.

Adapun bulan pertamanya yaitu Sura atau Suro. Setelah itu, bulan Sapar, bulan Mulud, bulan Bakda Mulud, bulan Jumadil Awal,  bulan Jumadil Akhir, bulan Rajab, bulan Ruwah, Bulan Pasa atau puasa, bulan Syawal, bulan Sela, dan bulan Besar.

BACA JUGA :   Pasukan – Pasukan Tentara Allah

Mitos Malam 1 Suro

Zaman dulu, masyarakat kejawen percaya bahwa akan muncul musibah di malam 1 Suro. Oleh karena itu, masyarakat kajawen zaman dulu melarang berbagai kegiatan pada malam 1 Suro seperti di bawah ini.

  • Tidak boleh hajatan
  • Tidak boleh bepergian
  • Ritual tapa bisu
  • Dilarang pindahan rumah

Selain mitos yang disebutlan di atas, masyarakat kejawen dan masyarakat zaman dulu juga percaya bahwa malam 1 Suro adalah malam para makhluk halus berpesta.

Tradisi Malam 1 Suro

Selain mitos, pada malam 1 Suro juga biasanya ada sejumlah tradisi yang berkembang di lingkungan masyarakat. Malam 1 Suro ini sangat kental dengan budaya Jawa. Umumnya di Yogyakarta terdapat tradisi kirab atau iring-iringan rombongan masyarakat sembari membawa keri .

BACA JUGA :   Kisah Sahabat Rasulullah, Utsman bin Affan yang Masih ‘’Jalan’’

Selain itu, para abdi dalem keraton juga membawa hasil kekayaan alam yang membentuk gunungan tumpeng dan benda pusaka sebagai sajian khas iring-iringan kirab  Malam 1 Suro.

Sementara di Solo, perayaan malam 1 Suro akan ada tradisi kebo (kerbau) bule. Kebo bule ini menjadi daya tarik warga yang menonton perayaan malam 1 Suro. Konon, tradisi kebo bule ini dianggap keramat oleh warga setempat. Pasalnya, Kebo Bule Kyai Slamet ini bukan kerbau sembarangan, sebab hewan ini salah satu pusaka penting keraton.

VIDEO:

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI