Saturday, September 19, 2020

Kemenlu Negeri RI dan Unismuh Makassar Kerjasama Perkenalkan Diplomasi Budaya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Makassar menghelat Public Lecture Diplomasi Budaya ; Perspektif Multilateral. Di Balai Sidang Universitas Muhammadiyah Makassar, Jum’at (22/02/2019).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Febrian A. Ruddyard (Direktur Jenderal Kerjasama Multilateral Kemenlu RI) dan Agus Santoso (Direktur Layanan Arsip Nasional RI) serta di Pandu oleh Dr. Ihyani Malik, M.Si (Dekan FISIP Unismuh).

Acara ini di buka langsung oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE, MM. Dalam sambutan pembukaannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih atas kepercayaan Kemenlu RI memilih Unismuh sebagai salah satu penyelenggara Diplomacy Festival 2019 ini.

Rektor Unismuh, yang juga Guru Besar Bidang Ekonomi dan Bisnis, juga mengatakan akan terus membuka diri dalam kerjasama-kerjasama nasional dan internasional. Dimana Kegiatan Kemenlu RI ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang telah di lakukan tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan Kedepan kerjasama dengan Kemenlu RI bisa lebih berkembang. Kami siap untuk level yang lebih tinggi, termasuk menghadirkan Menteri Luar Negeri RI hadir di sini. Sebagaimana Wapres RI juga telah berkali-kali hadir di tempat ini,” ungkap Prof Rahman Rahim.

Dalam pemaparan kuliah umumnya, Dirjen Kerjasama Multilateral Kemenlu RI, Febrian A. Ruddyard, mengatakan pentingnya produk dan nilai budaya sebagai alat diplomasi. Kebudayaan tidaklah menundukkan sebuah negara lain secara fisik, tetapi mempengaruhi secara mental sebuah komunitas dan bangsa.

“Kekayaan budaya juga bisa menjadi alat untuk berinteraksi dengan komunitas global. Kemajuan teknologi informasi harus di manfaatkan untuk memperkenalkan kekayaan produk budaya dan warisan alam kepada dunia,” ungkap dalam paparannya.

Sementara Agus Santoso, Direktur Layanan dan Pemanfaatan Arsip Nasional RI, memaparkan pentingnya fungsi arsip bagi sebuah bangsa.

“Arsip ibarat cangkul bagi petani, senjata bagi tentara. Kegemilangan bangsa di masa lalu terekam dalam arsip dan menjadi inspirasi dalam membina hubungan baik dengan bangsa-bangsa lain,” pungkasnya.

Kegiatan ini di hadiri lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan. Turut hadir Dr. Ir. Abd. Rakhim Nanda, ST, MT, (Wakil Rektor 1), Dr. Muhammad Tahir, M.Si (Wakil Rektor 3), para Dekan Fakultas, wakil Dekan, serta para dosen dan mahasiswa. Para peserta sangat antusias dalam sesi tanya jawab acara.

Ke depan, Kementerian Luar Negeri RI dengan Unismuh Makassar akan mengembangkan kerjasama dalam cakupan yang lebih luas dan saling menguatkan masing-masing institusi.

Reporter: Ahadri

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

BPJS Ketenagakerjaan Gencar Ajak Guru Mengaji Jadi Peserta, Ini Manfaatnya!

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- BPJS Ketenagakerjaan gencar melakukan sosialisai mengajak penerimaan insentif guru mengaji untuk menjadi pesertanya. Hal tersebut seperti yang...

DKM Bakal Lakukan Pameran Daring ‘Semangat 2020’

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari setengah tahun. Semua lini kehidupan seperti sedang diuji daya tahannya, termasuk posisi seni...

Danlantamal VI Sambut Hangat Kunjungan Dirut PT. Semen Tonasa

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP., menyambut hangat kunjungan Direktur Utama...

REKOMENDASI