ADV A1

KePo SDN Kompleks Sambung Jawa Juara 1 Lomba Inovasi Daerah 2021

FAJAR Pendidikan

KePo atau Kenali Potensi, inovasi SDN Kompleks Sambung Jawa, ditetapkan sebagai Juara 1 Lomba Inovasi Daerah Pemerintah Kota Makassar Tahun 2021.

Menariknya, selain KePo, 2 finalis Innovation Major Award (IMA) 2021, merupakan Sekolah Dasar (SD). Sedangkan 3 finalis lain yang disisihkan merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang diberikan dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2021 Pemerintah Kota Makassar, diadakan di Hotel Claro, Makassar, Kamis, 30 Desember 2021.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, hadir dalam acara tersebut. Juga pimpinan OPD, salah satunya H Andi Bukti Djufrie, S.P, M.Si, Kepala Balitbangda, sebagai penyelenggara Lomba Inovasi Daerah Kota Makassar.

Para pemenang lomba hadir langsung menerima penghargaan yang diberikan. Sebagai Juara 1, Kepala UPT SPF SDN Kompleks Sambung Jawa, Fahmawati, S.Pd, tampil menerima penghargaan dengan wajah yang semringah.

Begitu juga Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, dan Kepala SD Inpres Unggulan BTN Pemda, Dr Hj Andi Agusniati, S.Pd, M.Pd.

Sebelum pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah, sejumlah tahapan dilalui keenam finalis, seperti presentasi, verifikasi lapangan, dan kegiatan fasilitasi Hak Kekayaaan Intelektual (HAKI) oleh Balitbangda Kota Makassar.

BACA JUGA :   Tips Bagi Siswa untuk Mengelola Kelas Virtual

SD Negeri Borong, lewat program Gerbang Ilmu, mendapat kunjungan Tim penilai, terdiri dari Prof Dr Ir Ambo Tuwo, DEA, Anita, S.Sos, M.Si, dan Muh Rahman Ramlan, S.Pd, MM.

Saat verifikasi lapangan, Senin, 6 Desember 2021, tim bukan hanya diterima oleh Kepala Sekolah, tapi juga Kepala Perpustakaan Gerbang Ilmu, Saparuddin Numa, S.I.P, guru, beberapa murid dan Bunda Pustaka.

Bunda Pustaka unjuk kebolehan melakukan daur ulang sampah. Mereka yang hadir, antara lain Bunda Asyraf, Bunda Amanda, Bunda Syafira, Bunda Rahmat, dan Bunda Yusuf.

Mereka melakukan kegiatan mendaur ulang botol, kardus, kantong plastik untuk dijadikan produk kreatif yang bisa digunakan. Contohnya, lemari kotak obat, folder arsip, dan pigura untuk hiasan di atas meja.

Juga ada celengan, tempat pensil, dan pot yang terbuat dari botol plastik, serta bunga yang terbuat dari kantong plastik dan pita.

Sementara Ketua Bunda Pustaka, Bunda Huga, dan anggota Bunda Pustaka yang lain, bertugas menyambut dan mendampingi tim verifikasi.

Tahapan yang tidak kalah pentingnya yang diikuti finalis Lomba Inovasi Daerah Kota Makassar ini adalah kegiatan Fasilitasi Hak Kekayaaan Intelektual Angkatan II.

Kegiatan ini bertempat di Ruang Laboratorium Inovasi Lt 2 Kantor Walikota Makassar, pada Jumat, 10 Desember 2021.

BACA JUGA :   SMPN 2 Kesu Siap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

Kegiatan fasilitasi HAKI ini dilakukan sesuai amanat UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.

Tujuan dari kegiatan yang dilakukan Balitbangda Kota Makassar ini adalah guna melakukan inventarisasi produk kreasi dan inovasi daerah yang dihasilkan oleh SKPD lingkup Pemkot Makassar dan Perusda Kota Makassar.

Produk kreasi dan inovasi daerah itu digunakan dalam rangka pembinaan secara hilirisasi dan komersialisasi.

Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi inovator tentang perlunya perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Setelah tahapan-tahapan itu, tibalah pengumuman yang diadakan di pengujung tajun 2021.

Berikut ini daftar lengkap penerima penghargaan Lomba Inovasi Daerah Pemerintah Kota Makassar Tahun 2021.

Juara 1 SDN Kompleks Sambung Jawa (Program KePo/Kenali Potensi), Juara 2 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Program Kucata’ki), Juara 3 Dinas Kesehatan (Program Gemar/Generasi Muda Anti Rokok), Juara Harapan 1 SD Negeri Borong (Program Gerbang Ilmu), Juara Harapan 2 SD Inpres Unggulan BTN Pemda (Program Taman Baca Ulanda), dan Juara Harapan 3 Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Program Basse dg Nai ri Rusunawa).

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI