Kukuhkan 297 Alumni, Ini Pesan Rektor Unibos

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Wisuda ke-55 Periode I Tahun Akademik 2018/2019 Universitas Bosowa (Unibos) yang digelar di Balai Sidang 45, Rabu, 24 April 2019, tidak hanya menjadi hari bersejarah nan membanggakan bagi 297 alumni Unibos yang resmi dikukuhkan pada saat itu. Raut Kebahagiaan itu juga terpancar dari kedua dosen Unibos yang juga dikukuhkan sebagai guru besar Unibos yakni, Prof Dr Ir Batara Surya, M Si (Guru Besar Fakultas Teknik Unibos) dan Prof Dr Andi Pananrangi, SH., M Pd (Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unibos).

Kedua guru besar tersebut dikukuhkan oleh Dewan Guru Besar Unibos, Prof Dr Husain Hamka, M.S. dan turut disaksikan oleh Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi, Drs Andi Lukman mewakili Kepala LLDikti Wilayah IX.

Prof Dr Ir Batar Surya, M Si dikukuhkan usai memaparkan orasinya dengan judul: “Transformasi Spasial dan Ketimpangan Penguasaan Reproduksi Ruang Kawasan Pinggiran Perkotaan Metropolitan”. Prof Batar Surya yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Unibos dikukuhkan usai meraih gelar profesor pada tahun 2016 lalu dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota.

- Iklan -
Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Sementara Prof Dr Andi Pananrangi, SH., M Pd., resmi dikukuhkan usai pemaparan orasi dengan judul, “Reformasi Birokrasi, Mewujudkan Smart Aparatur Sipil Negara Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Prof Andi Pananrangi telah menyelesaikan proses raihan guru besar pada tahun 2009 lalu.

Pengukuhan dua guru besar Unibos.
Pengukuhan dua guru besar Unibos.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unibos,  Prof Saleh Pallu, M.Eng dalam pidato pengukuhan wisudawan memberikan motivasi agar lulusan dapat lebih mengembangkan diri dan tetap melirik almamater ketika telah sukses nanti.

“Kami berharap para lulusan dapat terjaring dengan baik dalam dunia kerja dan sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing dan kelak semoga pengembangan Unibos kedepan juga telah mendapat dukungan dari para alumni termasuk yang telah dikukuhkan hari ini. Kami sangat membutuhkan peran alumni terutama dalam pembenahan kualitas dan sarana yang memadai,” tutur Prof Saleh Pallu.

- Iklan -

Prof. Saleh Pallu juga memaparkan beberapa perkembangan Unibos yang saat ini telah dilakukan.

“Tahun ini Unibos selain melakukan pembenahan akademik, kami juga melakukan peningkatan dalam tri dharma perguruan tinggi. Seperti tahun ini, Unibos mendapatkan hibah bagi 22 judul penelitian dan 43 judul pengabdian, meloloskan lima judul Program Kreativitas Mahasiswa, beberapa dosen lolos dalam melanjutkan pendidikan luar negeri dan Unibos juga kini memiliki 15 profesor dan termasuk PT ke lima yang memiliki guru besar terbanyak di lingkup LLDikti Wilayah IX. Kedepan Unibos akan mengembangkan sistem informasi dan komunikasi terintegritas. Ini untuk bersaing di tingkat nasional dan global,” papar Rektor Unibos.

Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Ditemui usai mengukuhkan wisudawan dan wisudawati, Rektor Unibos berharap lulusan Unibos adalah generasi yang siap menghadapi era 4.0.

- Iklan -

“Unibos ini kan selalu ingin membuat inovasi-inovasi dan tentu inovasi itu berdasarkan dengan visi misi Unibos terutama yang terkait dengan pengembangan prodi baru yang sangat dibutuhkan masyarakat. Tentunya kita masih mengharapkan akan dibuka program studi yang baru. Kemudian terkait dengan pengembangan informasi ini harus juga kita antisipasi bagaimana perkembangan teknologi ini dari hari ke hari, bulan ke bulan ini berkembang terus,” katanya.

Oleh karena itu, kata Prof Saleh Pallu, Unibos ini dengan proses pembelajaran yang mengharuskan menggunakan sistem teknologi informasi yang betul-betul bisa dimanfaatkan baik dunia pendidikan maupun kemasyarakatan. (FP)

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU