Kultum Ramadhan Singkat Tema ‘Kemuliaan Sabar di Bulan Puasa’

FAJAR Pendidikan

Kultum Ramadhan Singkat Tema ‘Kemuliaan Sabar di Bulan Puasa’. Di bukan ramadhan tidak lengkap jika tidak rajin mendengar kajian ilmu. Dengan begitu, Berikut ini Kuliah ceramah atau kultum.

Semoga bulan puasa Ramadhan ini umat Muslim yang menjalankan ibadah selalu dapat keselamatan dunia dan akhirat. Agar terselamatkan dari berbagai musibah, Anda perlu berdoa dan ikhtiar di sepanjang waktu Anda.

Salah satu waktu yang paling mulia adalah bulan puasa Ramadhan yang Anda jalani saat ini. Anda bisa memaksimalkannya dengan banyak berbuat kebaikan kepada sesama.

Selain berbuat baik, perlu kiranya Anda juga rutin mendengarkan kultum singkat Ramadhan agar paham dengan berbagai tuntunan kebaikan lainnya. Dengan kerap mendengarkan atau memberikan tausiah kultum singkat Ramadhan ini dipercaya Anda akan terdorong untuk melakukan banyak kebaikan dan mendapat pahala.

Untuk masyarakat umum, hadirnya kultum singkat Ramadhan ini semoga bisa menjadi bahan bacaan berkualitas di bulan suci puasa. Tentunya, bacaan yang menguatkan keimanan dan meningkatkan keilmuan terutama seputar ibadah Ramadhan. Mari kita simak bersama!

Berikut dilansir dari Suara–jaringan dan Ayosemarang: Berikut ini contoh Ceramah

BACA JUGA :   Pasukan – Pasukan Tentara Allah

Kemuliaan Sabar di Bulan Puasa

Salah satu nama Ramadhan adalah syahrush shabr, yaitu bulan kesabaran. Mengapa Ramadhan disebut bulan kesabaran? Sebab, ibadah utama di bulan ini adalah puasa dan puasa adalah separuh kesabaran. Rasulullah SAW bersabda: “Puasa itu separuh kesabaran”, (HR Tirmidzi).

Dengan puasa, umat Muslim dididik untuk bersabar, menahan lapar dan haus sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Ada makanan tidak dimakan, ada minuman tidak diminum, padahal makanan itu milik sendiri minuman itu milik sendiri.

Ia menahan diri untuk tidak mengonsumsinya. Demikian pula, dengan istri cantik, pasangan yang halal. Namun ia menahan diri untuk tidak mencampurinya karena sedang puasa. Demikian pula menahan diri dari mengumpat, dari marah, meskipun ia dipancing-pancing orang. Tapi dijawabnya “innii shoimun”, sesungguhnya aku sedang berpuasa.

Menahan diri inilah yang merupakan bagian dari pendidikan kesabaran yang Allah SWT canangkan melalui puasa. Dan Allah SWT telah menyediakan banyak sekali keutamaan untuk orang-orang yang sabar.

Keutamaan Sabar

Dalam Al Quran, Allah SWT menyebutkan keutamaan-keutamaan orang yang sabar. Sedikitnya ada tiga, kemudian dalam hadits, Rasulullah SAW juga menjelaskan keutamaan sabar yang luar biasa. Berikut ini ada empat keutamaan sabar dalam Al Quran dan Sunnah:

BACA JUGA :   Khutbah Jumat, 12 Agustus 2022, Singkat Tentang "Setiap Kesulitan Ada Kemudahan"

1. Pahala tanpa batas

Keutamaan sabar yang pertama adalah pahala tanpa batas dari Allah SWT.

2. Mendapatkan maiyatullah

Keutamaan sabar yang kedua adalah orang yang sabar akan mendapatkan kebersamaan Allah SWT (maiyatullah). Artinya, seseorang yang telah sabar, maka akan diliputi dan dinaungi Allah SWT dengan rahmat-Nya, perlindungan-Nya, pertolongan-Nya, dan ridho-Nya. Adapun dzat Allah SWT tidak sama dan tidak bersama dengan makhluk-Nya.

3. Kunci kebaikan

Bersama syukur, sabar merupakan kunci kebaikan. Seseorang selalu baik di sisi Allah SWT tatkala mampu mengkombinasikan sabar dan syukur dalam kehidupannya. Inilah keutamaan sabar yang ketiga.

4. Dicintai Allah SWT

Keutamaan sabar berikutnya adalah orang yang sabar akan dicintai Allah SWT.

Seorang Muslim harus sabar menjalankan perintah Allah SWT meskipun perintah itu berat dan dibenci oleh nafsunya. Kesabaran juga harus diimplementasikan dalam meninggalkan kemaksiatan dan larangan-larangan Allah SWT.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI