ADV A1
ADV B1

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Kakek Duha Juhaeri Melakukan Apa di Kaki Gunung Tampomas?

FAJAR Pendidikan

-ADV C1 -

Hallo! Kali ini kita akan mebahas tentang Kakek Duha Juhaeri melakukan apa di kaki Gunung Tampomas? kunci jawaban kelas 4 tema 5 sub tema 3.

Gunung Tampomas adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepatnya sebelah utara kota Sumedang.

-ADV C2 -

Gunung Tampomas memiliki ketinggian 1684 m di atas permukaan laut. Secara administratif kawasan Tampomas berada di lima kecamatan, yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka, dan Tanjungkerta.

-ADV C3 -

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai Gunung Tampomas dan sikap kepahlawanan dari kakek Duha Juhaeri. Perlu diketahui bahwa, pembahasan dalam artikel ini hanyalah merupakan panduan bagi orang tua siswa.

Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendampingi puta-putrinya selama proses belajar mengajar, dengan begitu akan mempermudah putra-putrinya dalam memahami materi yang dibahas dalam artikel ini.

-ADV C4 -

Pembahasan di dalam artikel ini, hasil kerja sama Portal Purwokerto dari Dwi Istanti S.Pd lulusan Fakultas Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3, Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran 1 Halaman 123 126 127

Kakek Duha Juhaeri merupakan seorang kakek berusia 65 tahun yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat.

Kakek Duha Juhaeri dikenal luas karena pengabdiannya terhadap lingkungan, selama 26 tahun kakek Duha Juhaeri berusaha mengembalikan kesuburan lahan di kaki Gunung Tampomas.

Lahan di kaki Gunung Tampomas, menjadi area lahan kering dan tandus karena penambangan pasir yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Melihat keadaan ini, kakek Duha Juhaeri berusaha untuk menyelamatkan lahan yang rusak.

Dengan ketekunan dan kesungguhannya selama 26 tahun, kakek Duha Juhaeri berhasil mengubah lahan yang tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.

Sebenarnya banyak sikap kepahlawanan yang bisa dilakukan oleh orang-orang di sekitar kita. Dan setiap orang pun bisa menjadi pahlawan, asalkan melakukan hal-hal yang berguna untuk lingkungannya.

Usaha kakek ini tidak sia-sia, kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah kakek Duha juhaeri.

Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Pembelajaran 4 Buku Tematik Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35 dan36

Karena ketekunannya pula, kakek Duha Juhaeri berhasil menjadi peternak. Namun kakek Duha Juhaeri bukanlah tipe orang egois.

Kakek Duha Juhaeri membagi kebahagiaannya kepada penduduk sekitar dengan mengajak mereka menjadi peternak.

Kini kakek Duha Juhaeri menuai kebaikan dari apa yang telah dilakukannya. Hanya dengan upaya sederhana, kakek Duha Juhaeri berhasil mengubah dari yang tidak ada menjadi ada.

Dari kerusakan alam menjadi keteduhan, untuk berbuat baik perlu upaya yang tiada henti.
Kakek Duha Juhaeri memiliki tanggung jawab sosial yang sangat tinggi. Apa yang telah dilakukannya sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Tindakan kakek Duha Juhaeri sesuai dengan nilai-nilai Pancasila:

  1. Berusaha menolong orang lain sesuai dengan kemampuannya
  2. Ikhlas berjuang untuk membantu sesama manusia
  3. Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan
  4. Menghormati hak dan kewajiban orang lain
  5. Menyayangi sesama manusia

-ADV C5 -

ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
Sponsor
- ADV D2 -

TERKINI