Kunci Jawaban Soal Ujian Sekolah Kelas 12 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Soal Ujian Sekolah Kelas 12 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2021/2022. Soal Ujian Sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia ini terdiri atas 50 butir.

Soal Ujian Sekolah disajikan beserta kunci jawaban sehingga dapat bermanfaat bagi adik-adik untuk melatih diri. Soal Ujian Sekolah US Bahasa Indonesia Kelas 12 ini dapat menjadi latihan soal US bagi adik-adik dalam mempelajari materi yang akan keluar dalam ujian nanti.

Untuk melihat kunci jawaban dan latihan soal ujian sekolah US Bahasa Indonesia kelas 12 SMA kurikulum 2013 tahun ajaran 2022 silahkan simak pada artikel berikut ini.

Dilansir dari lama Halo Belajar berikut pembahan latihan soal beserta kunci jawaban dari Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia untuk Kelas 12 SMA Tahun Ajaran 2021/2022.

Kunci Jawaban Soal Ujian Sekolah Kelas 12 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA Tahun 2022

Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar simposium nasional bersama para perwakilan perguruan tinggi guna membahas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di kantor pusat BKKBN, Jakarta, Selasa (26/02/2019).

Simposium bertajuk “Tantangan Program KKBPK pada Era Revolusi Industri 4.0” tersebut menggarisbawahi bagaimana membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sehat, kuat dan tangguh di tengah perkembangan digital. Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Muhammad Rizal Martua Damanik menyebutkan sejumlah tantangan terkait kependudukan dan SDM Indonesia, di antaranya laju pertumbuhan penduduk, stunting, pernikahan dini, LGBT, hingga penanganan kelompok lanjut usia. (Tribunnews.com.jakarta)

1. Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. BKKBN menggelar simposium nasional
B. Para perwakilan perguruan tinggi membahas program kependudukan
C. BKKBN membahas program kependudukan dan keluarga berencana
D. BKKBN membahas pembangunan keluarga
E. Para perwakilan perguruan tinggi guna membahas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di kantor pusat BKKBN.

Jawaban: A

2. Arti istilah stunting pada paragraf ketiga adalah…
A. kekurangan vitamin dan kabohidrat
B. gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama
C. banyak kekurangan karbohidrat
D. kelebihan asupan gizi dan vitamin
E. kekurangan asupan makanan dalam waktu yang lama

Jawaban: B

3. Cermati paragraf berikut!
Kita tak dapat mencegah bunga yang satu tumbuh berbeda dari bunga lainnya. Sama juga halnya seperti kultur. Kita tidak dapat mencegah kultur yang satu tumbuh berbeda dari kultur lainnya. Menyeragamkan kultur tidaklah mungkin, ketidakmungkinannya seperti kita menyeragamkan tumbuhnya bunga-bunga. Itulah kearifan budaya yang diberikan oleh keanekaragaman alami zamrud khatulistiwa bumi Indonesia ini.
Maksud kalimat yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah …
A. Pencegahan pertumbuhan kebudayaan saat ini sangatlah tidak mungkin.
B. Pertumbuhan kebudayaan sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.
C. Perbedaan kebudayaan di Indonesia tidak dapat diseragamkan.
D. Perbedaan kebudayaan di Indonesia sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.
E. Pertumbuhan kebudayaan saat ini tidak dapat dicegah oleh siapa pun.

Jawaban: C

4. Cermati kedua kutipan berikut!

Teks 1
Bahan pengawet dari bahan kimia berfungsi membantu mempertahankan bahan makanan dari serangan mikroba pembusuk serta memberikan tambahan rasa sedap dan manis. Contoh beberapa jenis zat kimia, seperti cuka, asam asetat, fungisida, antioksidan, in-package desiccant, ethylene absorbent, dan wax emulsion digunakan untuk melindungi buah dan sayuran dari ancaman kerusakan pascapanen serta untuk memperpanjang kesegaran masa pemasaran. Nitrogen cair dengan takaran yang tepat sering digunakan untuk pembekuan buah dan sayur sehingga  kesegaran dan rasanya dapat dipertahankan.
Teks 2
Peredaran bahan pengawet saat ini sangat tak terkendali, terlebih bahan pengawet yang bernama formalin dan boraks. Banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui dampak negatif dari bahan-bahan tersebut menambah leluasanya barang tersebut beredar di sekitar kita, apalagi tidak adanya pengawasan yang ketat. Padahal dampak atau efek yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia bila mengonsumsi produk pangan yang tercemar oleh formalin atau bahan-bahan pengawet makanan lainnya sangat berbahaya, antara lain tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah dan diare, kemungkinan terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, hipertensi, kejang, tidak sadar, hingga koma. Selain itu juga dapat terjadi rusakan hati, jantung, otak, limpa, pankreas, sistem susunan saraf pusat, dan ginjal.

Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut adalah …
A. Bahan pengawet melindungi hasil pertanian dari serangan bakteri, selain itu bahan pengawet juga digunakan untuk produk makanan dan hasil perkebunan.
B. Bahan pengawet dapat mempertahankan bahan makanan dari mikroba pembusuk dan menjaga kesegarannya, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada organ tubuh bagian dalam manusia.
C. Bahan pengawet berdampak positif pada makanan dan produk pertanian dan hasil perkebunan, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada seluruh organ tubuh manusia.
D. Bahan pengawet dapat mempertahankan kesegaran makanan dan hasil perkebunan, tetapi bahan pengawet dapat mengganggu stabilitas pertumbuhan organ tubuh manusia.
E. Bahan pengawet dapat menambah rasa pada sebagian besar produk makanan, akan tetapi bahan pengawet akan merusak sistem saraf otak manusia.

BACA JUGA :   Metamorfosis Lebah Lengkap Gambar, Proses, Tahapan, dan Penjelasannya

Jawaban: B

5. Cermati teks berikut!

Industri kimia seperti alkohol, dalam proses pembuatannya mencemari lingkungan. Akibatnya, limbah ini mengandung mikroorganisme, senyawa organik, dan anorganik (baik terlarut maupun tersuspensi), serta senyawa tambahan yang terbentuk selama proses fermentasi berlangsung. Industri ini mempunyai limbah cair dari proses produksinya, air sisa pencucian peralatan, limbah padat berupa onggokan hasil perasan, endapan CaSO4, serta gas berupa uap yang mencemari air dan udara. Artinya, air limbah alkohol bersifat mencemari dan merusak lingkungan

Simpulan paragraf tersebut adalah….
A. Limbah industri termasuk limbah yang mencemari air dan udara.
B. Industri kimia menghasilkan limbah cair yang dapat mencemari lingkungan.
C. Air limbah alkohol bersifat mencemari dan merusak lingkungan.
D. Selain limbah cair, limbah industri memiliki limbah padat.
E. Limbah cair dan industri kimia terjadi saat proses fermentasi.

Jawaban: A

6. Pehatikan tajuk rencana berikut!
(1) Sebelum menjadi Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyo¬no ‘hanyalah’ Wakil Ketua Umum PSSI. ( 2) Namun, banyak kalangan yang mengatakan bahwa ‘sepak terjangnya’ dalam persepakbolaan nasional tidak perlu dipertanyakan lagi. (3) Joko Driyono merupakan ‘orang lama’ dalam kancah dunia sepak bola nasional kita. (4) Ia meniti karier dalam organisasi PSSI mulai dari paling bawah. (5) Jadi tidak mengherankan jika ia tahu segala hal tentang PSSI. (Tribunnews.com., 20 Februari 2019)

Kalimat fakta pada tajuk rencana di atas terdapat pada kalimat nomor…
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (3), dan (5)

Jawaban: C

7. Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 7 dan 8. Bacalah dengan saksama!
“Bahkan ibu besedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar, dari satu pulau ke pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang menasihati ibu harus percaya dan mencobanya juga. Maklumlah alam timur masih penuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan mistik. Semua itu ibu lakukan untuk mendapatkan engkau, Maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk.

Keterkaitan watak tokoh ibu seorang yang bimbang pada kutipan tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A. Pasrah pada kehendak yang Mahakuasa.
B. Prinsip seseorang akhirnya goyah mendengar nasihat orang
C. Berusaha keras dan berserah diri kepada Tuhan
D. Bersemangat karena ingin mendapatkan anak secara medis
E. Menjunjung tinggi logika dalam berusaha mendapatkan anak

Jawaban: B

8. Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah….
A. Harus menemui orang yang disebut orang-orang pintar
B. Tokoh ibu yang tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal
C. Tokoh ibu menuruti kata orang untuk berobat kepada orang pintar
D. Keinginan untuk segera mendapatkan keturunan
E. Tidak mempercayai mistik tetapi tetap melakukan pekerjaan itu

Jawaban: D

Cermati penggalan hikayat di bawah ini untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!

Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri tua dari pada meteri yang banyak itu. Maka ia pun berkata, maka segala menteri dan hulubalang itu pun tersenyum seraya berkata, “Jika sungguh tuan hamba bersaudarakan hamba sekalian ini, dengan tulus dan ikhlas, hendalah tuan hamba katakan, jika apa sekalipun.” Setelah itu meteri tua iru pun berkatalah, katanya, “Bahwasannya hamba ini mendengar, tatkala hamba lagi kecil dahulu, perkataan mahrum yang tua itu; maka sabdanya, mahrum itu, “Adapun akan negeriku ini, jikalau tiada lagi rajanya, maka hendalah dilepas gajah kesaktian itu, barang siapa yang berkenan kepadanya, ia itulah raja olehmu, supaya sentosa di dalam negeri ini.” Setelah didengar oleh sekalian menteri dan hulubalang itu akan kata menteri itu, maka sekaliannya pun berkenanlah di dalam hatinya.

9. Karateristik sastra Melayu berupa kemustahilan dalam kutipan tersebut adalah….
A. Pemilihan raja ditentukan oleh seekor gajah
B. Raja yang turun tangan dalam memilih penggantinya
C. Ketidaksentosaan dalam sebuah negeri yang dipimpin raja yang baik
D. Keberatan raja yang menyerahkan gajah saktinya kepada menteri
E. Sebuah negeri yang dipimpin oleh seekor gajah

Jawaban: E

10. Nilai budaya yang terkandung dalam kutipan sastra Melayu klasik tersebut adalah….
A. Melakukan pemilihan raja berdasarkan adat kebiasaan di zaman pendahulunya.
B. Menurunkan tahta kerajaan kepada generasi garis keturunan raja.
C. Kebiasaan Tuan Puteri tidak boleh berbicara bila berhadapan dengan seorang raja.
D. Anggapan bahwa seorang raja harus dihormati dan didengar perintahnya.
E. Seorang menteri dan hulubalang raja tidak boleh menentang perintah raja

BACA JUGA :   Pengertian Enzim, Sifat, Fungsi, Struktur dan Macam-Macam Enzim

Jawaban: A

11. Cermati petunjuk kerja berikut!
Cara mengaktifkan kartu ponsel Anda :
• Ponsel mati/OFF.
• Masukkan kartu ponsel Anda.
• Hidupkan ponsel Anda/ON.
• Gosoklah panel pada kartu USER ID dengan hati-hati untuk mengetahui PIN Anda.
• Masukkan kode PIN yang berjumlah 4 (empat) angka secara benar dengan cara: ketik (kode PIN) kemudian tekan #OK/Yes.
• Tunggu kode jaringan Satelindo GSM muncul di layar ponsel.
• Lakukan panggilan telepon ke nomor apa saja (bebas pulsa atau bukan bebas pulsa) dan dengarkan petunjuk yang disampaikan untuk memilih bahasa pengantar layanan Anda, lalu pastikan panggilan Anda dijawab.
• Kartu ponsel Anda telah aktif dan siap digunakan

Pernyataan yang tidak sesuai dengan cara mengaktifkan kartu posel di atas adalah ..
A. Kartu ponsel dimasukkan dalam keadaan ponsel mati.
B. Untuk mengetahui PIN dapat dilakukan dengan menggosok panel pada kartu USER ID.
C. Kode PIN dimasukkan dengan cara mengetik kode PIN kemudian tekan #ON.
D. Setelah jaringan Satelindo GSM muncul, dapat dilakukan panggilan ke nomor apa saja.
E. Kartu ponsel siap digunakan setelah panggilan ke nomor apa saja telah dijawab.

Jawaban: C

12. Cermatilah tema karya ilmiah berikut!
Tema : Upaya meningkatkan minat siswa melalui kegiatan karya ilmiah remaja

Kalimat latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah… .
A. Kreativitas yang dimiliki siswa pada zaman sekarang berbeda dengan kreativitas siswa yang dimiliki zaman dahulu. Itulah yang dilontarkan para pengamat pendidikan mengenai keadaan siswa sekarang dan dahulu sangat berbeda.
B. Saat ini banyak orang yang mengganggap bahwa minat siswa dalam penulisan karya ilmiah remaja sangat rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mengikuti perlombaan penulisan karya ilmiah remaja yang diselenggarakan beberapa instansi.
C. Jika kita berbicara mengenai lomba karya ilmiah remaja, kita juga membicarakan minat siswa terhadap penulisan karya ilmiah remaja. Minat siswa terhadap karya ilmiah remaja dibuktikan prestasi beberapa siswa di beberapa Negara tetangga.
D. Oleh karena itu, untuk membuktikannya, penulis akan menyelidiki dan memaparkan dalam karya tulis agar lebih jelas masalahnya dan mengenai sasaran.
E. Siswa zaman dahulu tidak senang melakukan penelitian terhadap masalah yang sedang berkembang. Hal tersebut berbeda dengan kondisi siswa saat ini yang selalu aktif melakukan penelitian di mana pun mereka berada.

Jawaban: B

13. Perhatikan penulisan judul karangan ilmiah berikut!

penerapan karakter bangsa dalam meningkatkan kualitas siswa ma

Penulisan judul karangan ilmiah yang tepat adalah…
A. Penerapan Karakter Bangsa dalam meningkatkan kualitas siswa MA
B. Penerapan Karakter Bangsa dalam Meningkatkan Kualitas siswa MA
C. Penerapan Karakter Bangsa dalam Meningkatkan kualitas siswa MA
D. Penerapan Karakter Bangsa Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa MA
E. Penerapan Karakter Bangsa dalam Meningkatkan Kualitas Siswa MA

Jawaban: E

14. Cermati paragraf berikut!

Pagi ini tak seperti biasanya, padahal jam telah menunjukkan pukul delapan pagi, kabut begitu tebal … Hanya tiga meter nyala lampu kendaraan bisa menembus pandangan. Solo yang hanya memiliki ketinggian seratus meter di atas permukaan laut sepertinya tak masuk akal diselimuti kabut. Tak terasa bajuku basah kuyup.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskriptif yang rumpang di atas adalah …
A. Jalanan macet karena lalu lalang kendaraan begitu padat.
B. Orang-orang berlari-lari pagi menghirup udara sejuk sambil bercanda.
C. Kuambil jaket untuk menutupi tubuhku yang terasa dingin sampai menusuk tulang
D. Aku langkahkan kakiku dengan hati-hati karena jalan setapak yang menghubungkan antar bukit sangat licin.
E. Matahari tak mampu menembus, apalagi menghangatkan jalanan seluruh kota ini.

Jawaban: E

15. Cermati teks berikut!

Ketika sedang berada di perpustakaan sekolah ia melihat si Dilan karya Pidi Baiq bertengger di antara novel Sapardi Djoko dan Puthut EA. Si Dilan berwarna kebiruan yang bersampul plastik bening. Kemudian, ia berpikir akan meminjam suatu koleksi dari sana.

Kata yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring adalah….
A. buku Dilan, tampak biru, satu
B. buku Dilan, agak biru, satu
C. buku Dilan, agak biru, seorang
D. buku Dilan, kebiru-biruan, sesuatu
E. buku Dilan, tampak biru, satu

Jawaban: B

16. Cermati paragraf berikut!

Peta gempa nasional idealnya terus dimutakhirkan seiring dengan adanya penemuan baru, kebaruan metodologi, serta teknik perhitungan. Dari data penambahan sumber-sumber gempa ini, pada akhirnya akan dibuat peta gempa nasional. Revisi data sumber gempa ini akan menjadi dasar perhitungan bagi penentuan Standar Nasional Indonesia untuk kekuatan … bangunan atau infrastruktur.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. material
B. kontrol
C. mobilitas
D. modifikasi
E. konstruksi

Jawaban: E

Bagikan:

- Advertisment -