Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD MI Tentang Bacaan Prestasi Gusnadi Wiyoga Halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, 69 

Halaman 66

Percobaan 1

Ambillah satu lembar kertas.
Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.
Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua bagian sama besar.
Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil.

Halaman 67

Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?

- Iklan -

Jawaban: Saya menemukan garis. Garis yang saya temukan adalah garis berpotongan tegak lurus

Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut dengan busur.

Jawaban: Saya menemukan sudut. Sudut yang saya temukan adalah sudut siku-suku, besarnya 90 derajat.

- Iklan -

Apakah besar setiap sudut sama? Kamu harus membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya.

Jawaban: Besar setiap sudut sama karena membagi 4 bagian menjadi sama besar.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini? Dua garis yang kamu temukan tadi adalah garis berpotongan tegak lurus. Bagaimana sudut yang terbentuk dari perpotongan garis tegak lurus?

Baca Juga:  Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Perubahan Sosial yang Wajib Diketahui

Jawaban: Dua garis yang berpotongan tegak lurus membentuk sudut 90 derajat. Garis tegak lurus terdiri atas potongan garis vertikal dan horizontal.

- Iklan -

Halaman 68

Percobaan 2

Ambillah satu lembar kertas.
Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.
Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua tetapi tidak sama besar.
Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil dengan pensil.

Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?

Jawaban: Saya menemukan garis. Garis yang saya temukan adalah gari berpotongan tidak tegak lurus.

Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut tersebut dengan busur.

Jawaban: Saya menemukan sudut. Sudut yang saya temukan adalah sudut lancip dan sudut tumpul.

Halaman 69

Apakah besar setiap sudut sama? Cobalah membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. Apa yang bisa kamu simpulkan?

Jawaban: Setiap sudut memiliki besar yang sama. Jadi, dua garis yang berpotongan tidak tegak lurus akan menghasilkan dua pasang sudut yang sama besar.

Baca Juga:  Pengertian Orde Baru; Ciri-ciri, Kebaikan dan Keburukannya

Dua garis garis yang kamu temukan tadi adalah garis perpotongan yang tidak tegak lurus. Bagaimana sudut yang terbentuk dari perpotongan garis yang tidak tegak lurus?

Jawaban: Sudut yang terbentuk dari perpotongan garis yang tidak tegak lurus adalah sama besar.

AYO BERLATIH

Halaman 69

Temukan garis yang berpotongan tegak lurus dan tidak tegak lurus pada gambar berikut. Identifikasi sudut-sudut yang dihasilkan.

Alternatif jawaban: Garis yang berpotongan tegak lurus ditunjukkan melalui gambar perempatan jalan. Sudut yang terbentuk adalah 90 derajat.

Demikianlah kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 SD MI Tema 5 Subtema 2 “Pahlawanku Kebanggaanku” Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud pembelajaran 2 halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, dan 69 tentang bacaan “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan”. Semoga dapat membantu dan menambah semangat belajar Adik-adik

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU