ADV A1

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Bumiku, Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 114 115 117 118 dan 119

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 SD/MI halaman 114, 115, 117, 118, dan 119, Pembelajaran 4.

Pembelajaran 4 yang mulai dari halaman 113 sampai 119, merupakan materi Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan, Tema 8 Bumiku.

Buku Tema 8 Kelas 6 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 114

Ayo Membaca

Masih ingatkah kamu tentang keadaan perekonomian negara Singapura? Sebelumnya, kita telah belajar tentang hubungan kondisi geografis dan kondisi perekonomian di negara tersebut. Sekarang, kita akan mencari informasi tentang negara lainnya, yaitu Laos dan Filipina.

Laos

Keadaan Alam
Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah.

Hasil Utama
Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesin-mesin, dan beras.

Filipina

Keadaan Alam
Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekitar 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Pembelajaran 4, Halaman 133 134 135 136 137 138

Hasil Utama
Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula.

Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan?

Jawaban:

Persamaan keadaan perekonomian di Laos dan Filipina:
– Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.
– Tanaman utama kedua negara adalah tanaman padsi dan jagung.

Perbedaan keadaan perekonomian di Laos dan Filipina:
– Laos tidak memiliki laut sementara Philipina merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lauit.
– Hasil hutan Laos berupa kayu jati, sementara hasil hutan Philipina kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.

Kunci Jawaban Halaman 115

Ayo Mengamati

– Carilah informasi tambahan dari berbagai sumber tentang kondisi geografis Laos dan Filipina.

– Bacalah informasi tentang kehidupan perekonomian dan hasil utama di kedua Negara tersebut.

– Analisislah dan carilah hubungannya.

Tuliskan hasil analisismu dalam bentuk uraian. Tentukan kata kunci dan gagasan utamanya terlebih dahulu sebelum kamu menguraikan hasil analisismu.

Jawaban:

Hasil Analisisku

Kata Kunci: Kondisi geografis dan perkonomian
Gagasan utama: Kondisi geografis dan perekonomian negara Laos dan Filipina.

Keadaan alam negara Laos:
Laos merupakan negara yang tidak memiliki pantai dan batas laut. Laos memiliki barisan pegunungan lipatan yang membujur dari Barat Laut ke Tenggara dengan puncak gunung tertinggi adalah Gunung Bia (2.819 m). Pegunungan Annam membujur di sebelah Timur, dan Plato Boloven terdapat di bagian Selatan.

Laos dialiri oleh sungai Mekong dengan lembah yang yang subur dan merupakan penghasil beras. Iklim di Laos adalah iklim tropis Laos mempunyai dua musim yaitu penghujan dan kemarau. Secara umum suhu udara di Laos adalah hangat.

Perekonomian Laos:
Laos merupakan negara agraris. Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pada sektor pertanian. Pertanian merupakan sumber pendapatan utama di Laos (41% dari pendapatan negara).

Hasil pertanian utamanya berupa padi, jagung, tembakau, kapas, kopi dan buah jeruk. Sistem pertanian di Negara Laos sangat bergantung pada irigasi dari Sungai Mekong.

Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah perkebunan, peternakan, dan pertambangan. Untuk meningkatkan perekonomian, Laos menetapkan beberapa zona ekonomi, meningkatkan perdagangan internasional dan meningkatkan kerja sama regional.

Keadaan Alam Filipina:
Filipina adalah negara yang mendiami rangkaian kepulauan yang terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi. Daratan Filipina bagian dari pegunungan vulkanis. Puncak-puncak pegunungan tersebut sebagian besar berada di bawah permukaan laut.

Kepulauan Filipina termasuk rangkaian Sirkum Pasifik. Maka dari itu, negara ini memiliki banyak gunung api seperti Gunung Mayon di Pulau Luzon, dan Gunung Apa di Pulau Mindanao.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI