- Advertisement -

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6, Subtema 1 Halaman 2, 3, 6, dan 7 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6, Subtema 1 Halaman 2, 3, 6, dan 7 Pembelajaran 1, Pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 1 sampai 8, merupakan materi Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Tema 8 Bumiku.

Buku Tema 8 Kelas 6 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Bacalah percakapan Siti dan Udin di bawah ini!

Udin : “Wah, seru sekali, ya, permainan kita hari ini. Sayang sekali, hari sudah sore. Ayo, kita pulang!”

Siti : “Iya, seru sekali. Seandainya kita dapat terus bermain sepanjang hari, pasti akan sangat menyenangkan.“

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Udin : “Iya, betul, tetapi malam pasti akan tiba dan kita harus segera pulang.”

Siti : “Betul, Udin, pasti akan susah bermain bola ketika malam. Mengapa ada siang dan ada malam?”

Udin : “Ayo, kita cari informasinya, teman-teman.“

Ayo Mengamati

Mengapa ada siang dan ada malam? Apakah Matahari itu bergerak sehingga ia terbit dan tenggelam? Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak? Untuk memahaminya, ayo, kita pelajari bersama.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2 3

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2 3

Ayo Mengamati

Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Jawaban:

Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati). Gunakan format di bawah ini!

Jawaban:

Ayo Membaca

Bacalah informasi tentang siang dan malam berikut ini! Berilah garis bawah pada kata-kata kunci sebagai informasi penting yang kamu temukan!

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5, Subtema 1 Halaman 3 4 6 Pembelajaran 1

Ketika pagi hari, saat membuka jendela, kamu melihat cahaya di langit. Cahaya itu tanda Matahari telah terbit. Saat makan siang, Matahari berada di tempat tinggi di langit. Saat waktunya makan malam, Matahari tidak tampak lagi di langit, tenggelam di cakrawala. Pertanyaannya, benarkah Matahari yang bergerak? Mari, kita cari tahu.

Matahari tampak terbit di pagi hari dan tenggelam di sore hari karena rotasi Bumi. Bumi terus berotasi sehingga Matahari tampak terbit di sebelah timur, dan tenggelam di sore hari. Sekali lagi, ini karena rotasi Bumi. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Bumi bergerak seperti gerakan permainan gangsing. Planetmu bergerak mengelilingi garis khayal yang disebut sumbu. Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros disebut rotasi Bumi. Waktu Bumi mengalami satu kali rotasi adalah 24 jam.

Sekarang, lakukan percobaan. Menghadaplah kamu ke lampu. Anggaplah kamu sebagai Bumi dan lampu sebagai Matahari. Kepalamu sebagai poros Bumi.

Berputarlah di tempat pelan-pelan sambil mengamati posisi lampu terhadap dirimu dengan arah berlawanan arah jarum jam. Demikianlah, Matahari yang tampak bergerak, sesungguhnya Bumilah yang bergerak. Peristiwa pergerakan tersebut dinamakan sebagai gerak semu harian Matahari.

Mengapa gerak Matahari dikatakan semu? Tentu kamu tahu, bahwa, gerak tersebut bukanlah gerak Matahari yang sesungguhnya. Peristiwa itu terjadi karena adanya perputaran Bumi pada porosnya. Gerak Bumi itulah yang menyebabkan Matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.

Untuk memahami lebih dalam tentang gerak semu, ayo, lakukan kegiatan berikut ini!

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 146 148 149 150 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 6

Ayo Mencoba

Kegiatan 1 Simulasi tentang gerak semu

Perubahan posisi B terjadi karena B bergerak ke depan. Akan tetapi, A seolah-olah dirinya yang bergerak mundur sehingga ia berada di belakang B. Peristiwa ini mengilustrasikan gerak semu harian Matahari.

Kegiatan 2 Simulasi tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi.

Mari kita lakukan simulasi berikut ini! Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang! Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk melakukan kegiatan seperti gambar berikut.

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!

Alat dan Bahan yang diperlukan: Senter, globe.

Langkah Kegiatan:
1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.

2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.

3. Nyalakan senter. Amati globe.

4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!

Jawaban:
Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.

5. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!

Jawaban:
Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.

Bagikan

BACA JUGA:

Kunci Jawaban Subtema 3: Laporan Percobaan Membuat Periskop Sederhana Tema 5 Kelas 4 SD 

Hallo! Kali ini kita akan membahas kunci jawaban tugas tema 5 subtema 3 kelas 4 SD Subtema 3: Laporan Percobaan Membuat Periskop Sederhana. Tugasnya adalah:...

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan, Pembelajaran 6 Halaman 132, 133, dan 134

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Kunci jawaban berikut dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya bagi adik-adik...

Prinsip Koperasi Indonesia Sesuai Undang-Undang 25 Tahun 1992

Kehadiran koperasi di Indonesia telah ada sejak abad ke-19 saat para penjajah Belanda masih mencengkeram Nusantara. Prinsip Koperasi. Melansir Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992, disebutkan...

Gaya Lorentz: Pengertian, Manfaat, Rumus dan Contoh Soal

Gaya Lorentz: Pengertian, Manfaat, Rumus dan Contoh Soal. Penemu gaya lorentz adalah Hendrik Antoon Lorentz pada tahun 1853 hingga 1928. Dia merupakan seorang fisikawan yang...

Contoh Soal UAS IPS Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Lengkap Kunci Jawaban

Contoh Soal UAS IPS Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Lengkap Kunci Jawaban. Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenai soal UAS IPS kelas...

POPULER

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Observasi Desa Ampekale

MAROS - SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar kegiatan observasi desa (village Observation) di Desa Ampekale, Kabupaten Maros dengan tema Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik...