Al-Aafiyah FKM Unhas Bersama Pemdes Uci Siap Wujudkan Desa Sehat Aman Limbah

Lembaga Dakwah (LD) AL-AAFIYAH FKM UNHAS bersama pemerintah desa (Pemdes) Ulaweng Cinnong (Uci) bersiap mewujudkan desa sehat aman limbah di Desa Uci, Kecamatan Ulaweng, Bone. Hal ini diketahui saat seminar Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) 2024 di aula pertemuan desa setempat, Kamis (20/6/2024).

Ketua Pelaksana PPK Ormawa 2024, Rina Aryana menyebutkan sebanyak sebelas mahasiswa PPK Ormawa dari berbagai jurusan dan fakultas akan terjun melaksanakan program di Desa Uci. Judul program ini tentang pengelolaan limbah mandiri dalam mewujudkan desa sehat aman limbah di Desa Uci.

“Saya berterimakasih kepada bapak Kepala Desa Uci dan jajarannya yang telah menjembatani di desa ini untuk melaksanakan program kami. Program ini merupakan pendampingan kepada masyarakat yang dilaksanakan Ormawa,”ungkapnya.

- Iklan -
Baca Juga:  SMP 2 Ulaweng Raih Juara 1 O2SN Tingkat Kabupaten Bone

Tim Pokja Unhas Muh Fajaruddin Nasir mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Desa Uci merupakan kegiatan yang diseleksi secara nasional. Sebelumnya, LD AL-AAFIYAH FKM Unhas berhasil meraih pendanaan dalam tahap seleksi akhir Subproposal PPK Ormawa oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pasa kesempatan ini, Muh Fajaruddin Nasir memaparkan terkait PPK Ormawa 2024 yang akan dilaksanakan di Desa Uci ini. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Ulaweng, Pemdes dan masyarakat Desa Uci.

Sementara itu, Kepala Desa Uci, A Ashar mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa PPK Ormawa 2024. Ia menyampaikan rasa terima kasih dan bangga atas kedatangan mahasiswa untuk melaksanakan program kerja di desanya.

- Iklan -

Ashar menyebutkan, sejumlah keterbatasan pengelolaan limbah masih diitemui di desanya. Seperti kurangnya pengetahuan atau pemahaman masyarakat tentang pengelolaan limbah yang baik dan sarana prasarana di desa.

Baca Juga:  Niat Perbaiki Mobil, Malah Dibawa Kabur

Ia berharap dengan kehadiran PPK Ormawa 2024, bekerjasama dengan pemerintah desa dan masyarakat dapat menjawab sejumlah keterbatasan tersebut. Sehingga program yang dicanangkan akan berjalan sesuai harapan bersama.

Hal senada disampaikan Camat Ulaweng AM Aryananda. Ia mengucapkan terima kasih kepada PPK Ormawa 2024 yang telah menjadikan Desa Uci menjadi lokus. Ia mengapresiasi mahasiswa dan Pemdes Uci yang telah menjadi lokus dalam program ini.

- Iklan -

Menurut Aryananda, program yang dibawa mahasiswa atau PPK Ormawa FKM Unhas tentang pengelolaan limbah mandiri dalam mewujudkan desa sehat aman limbah sangat relevan dengan perkembangan zaman.

“Tema yang diangkat sangat bagus dan relevan,”ungkapnya.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU