Liburan Bukan Hanya Usir Stres Loh, Tapi Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Secara Umum

Menjelang Libur sebaiknya menyiapkan diri untuk bisa liburan dengan baik. Liburan dari sibuknya kehidupan kerjaan, kantor, stres dan lainnya. Meninggalkan hal tersebut dengan melakukan liburan ke suatu tempat liburan yang nyaman sangat bermanfaat bagi kesehatan, bukan hanya kesehatan mental tetapi juga kesehatan fisik.

Setelah jenuh bekerja, Anda mungkin akan menyempatkan diri untuk berlibur. Entah itu pergi sendiri, bersama pasangan, sahabat, atau keluarga. Rasa lelah dan stres membuat Anda membutuhkan liburan untuk mengurangi stres. Tapi liburan juga memberikan manfaat untuk kesehatan secara umum. Apa saja manfaatnya, ya?

Manfaat liburan untuk kesehatan mental dan fisik

Berkutat dengan aktivitas yang sama setiap harinya dapat menimbulkan kejenuhan. Sejumlah aktivitas rutin seperti pekerjaan bisa menimbulkan stres dan kelelahan. Jika tidak diatasi, maka bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Itulah sebabnya, Anda perlu meluangkan waktu di sela kesibukan untuk berlibur.

- Iklan -

Sebenarnya, dampak positif dari liburan tidak sebatas itu saja. Ada banyak hal positif lainnya yang bisa Anda dapatkan dari liburan, tapi Anda tidak mengetahuinya. Supaya lebih jelas, mari bahas manfaatnya satu per satu.

1. Mengurangi stres

Manfaat liburan ini tentu tidak asing bagi Anda. Sebagian besar orang yang menjalani liburan akan langsung merasakan manfaat ini. Ya, berhenti sejenak dari rutinitas dan pergi ke tempat yang disukai bisa memberikan otak Anda kelegaan dari stres.

Baca Juga:  Perawatan Jerawat ala Artis Korea

Stres merupakan reaksi tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang pastinya akan Anda hadapi setiap hari. Anda membutuhkannya agar bisa memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Namun, kadar stres yang dibutuhkan juga tidak banyak.

- Iklan -

Butuh Informasi Terkait Kesehatan Mental?
Dapatkan tips psikologi setiap pekan untuk menjalani hidup sehat dan bahagia mulai dari sekarang!

Jika stres terlalu tinggi, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dari berbagai jenis kegiatan yang dilakukan, bekerja adalah aktivitas yang paling sering menimbulkan stres. Ini wajar karena dalam seminggu, Anda menghabiskan setidaknya lima atau enam hari untuk bekerja.

Cara mengatasi stres yang paling ampuh adalah menghindari stressor (pemicu stres). Jika pemicunya adalah pekerjaan, tentu Anda perlu mengistirahatkan diri sejenak dari aktivitas ini. Sebagai gantinya, Anda pergi berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan.

- Iklan -

Selama liburan, Anda bisa terkoneksi lebih leluasa dengan orang-orang yang Anda sayangi. Selain itu, liburan juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk memanjakan diri sendiri, alias menciptakan waktu yang berkualitas untuk diri sendiri.

2. Meredakan rasa cemas

Di samping mengurangi stres, liburan dan rekreasi juga memberi manfaat bagi kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan.

Sama seperti halnya stres, kecemasan juga membuat Anda berpikir dua kali dalam mengambil suatu keputusan. Namun, kecemasan juga tidak boleh berlebihan karena bisa membuat hidup seseorang jadi tidak tenang.

Baca Juga:  7 Langkah Hilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Nah, saat menjalani liburan, Anda akan menjadi lebih santai dan perasaan akan lebih tenang. Tidak seperti hari-hari biasanya yang penuh kesibukan, yang membuat Anda kadang terburu-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu.

3. Meningkatkan produktivitas

Selama liburan, Anda bisa menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas yang disukai. Mungkin pergi ke pantai menikmati pemandangan dan berjemur di bawah sinar matahari pagi, naik ke gunung untuk merelaksasikan diri, atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang bisa menambah pengetahuan.

Kesemua aktivitas tersebut membuat otak Anda melupakan sejenak pekerjaan maupun tugas-tugas lain yang melelahkan.

Otak yang awalnya kusut, bisa kembali jernih. Semangat pun akan meningkat. Paduan keduanya, bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk bekerja kembali setelah pulang berlibur. Inilah yang membuat produktivitas mengalami peningkatan setelah liburan.

4. Menimbulkan rasa kepuasaan dalam hidup

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, memang Anda dituntut untuk melakukan pekerjaan. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus terus-terus berkutat dengan pekerjaan tanpa kenal lelah.

Meluangkan waktu untuk berlibur juga perlu Anda lakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan Anda. Belum lagi, manfaat lainnya yang akan dapatkan membuat Anda jadi lebih puas dalam menjalani hidup ini.

Selain itu, liburan juga bisa meningkatkan rasa syukur Anda karena diberi kesempatan untuk menikmati keindahan selama mengunjungi tempat-tempat yang istimewa.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU