Link Download Jadwal Pelajaran Kelas 1 Hingga 6 SD MI Kurikulum Merdeka Belajar

FAJAR Pendidikan

Link Download Jadwal Pelajaran Kelas 1 Hingga 6 SD MI Kurikulum Merdeka Belajar, Perlu diketahui, penyusun jadwal pelajaran dilakukan agar jadwal pelajaran dan guru yang mengisi jadwal tersebut tidak bentrok.

Lantas seperti apa cara membuatnya? dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka Belajar? Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Dilansir dari laman mantrasukabumi.com dari berbagai sumber referensi, berikut cara mudah menyusun jadwal pelajaran sesuai Kurikulum Merdeka Belajar.

Cara Menyusun Jadwal Proyek Kurikulum Merdeka Belajar

Terdapat 3 pilihan dalam menyusun jadwal pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka Belajar, yaitu:

1. Per Jam

Mengalokasikan 1—2 jam pelajaran di akhir hari, khusus untuk mengerjakan proyek. Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

BACA JUGA :   12 Contoh Struktur Kalimat Efektif Lengkap Syarat dan Ciri-Cirinya

2. Per Hari

Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek (misalnya hari Jumat). Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk proyek.

3. Per Periode

Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu misalnya 2 minggu atau 1 bulan, di mana semua pendidik berkolaborasi.

Langkah Mudah Menyusun Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka Belajar

1. Identifikasi terlebih dahulu jumlah jam pelajaran perminggu di struktur kurikulum merdeka terbaru (Kemendikbud no. 262 tahun 2022)

2. Menganalisis jumlah jam projek per minggu dengan cara membagi jumlah jam per tahun dengan 36 minggu = 7 jam/minggu (kelas 1-5).

BACA JUGA :   Fungsi Usus Halus Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Untuk proyek, ada 3 bentuk pengaturan waktunya. Bisa mengambil waktu sehari dalam seminggu. Bisa disebar dalam beberapa hari. Dan bisa juga dengan memblok waktu 2 – 4 minggu. (Panduan Projek PPP, 2022: 39-41)

3. Menyebar pelajaran ke dalam tabel roster. Perlu duduk bersama dengan guru lain agar tidak terjadi tabrakan jadwal.

Nah itulah cara mudah untuk menyusun jadwal pelajaran sesuai Kurikulum Merdeka Belajar.

Adapun contoh jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka Belajar dari kelas 1 hingga 6 SD MI, dapat Anda akses dalam link yang tersemat di bawah ini.

Jadwal Pelajaran Kelas 1 SD MI [KLIK DI SINI] 

Jadwal Pelajaran Kelas 2 SD MI [KLIK DI SINI] 

Jadwal Pelajaran Kelas 3 SD MI [KLIK DI SINI]

Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD MI [KLIK DI SINI]

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI