Mahasiswa Departemen Manajemen Rumah Sakit FKM Unhas Laksanakan Seminar RS Universitas Hasanuddin Makassar

Mahasiswa Departemen Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) telah melakukan Kegiatan Seminar Magang Residensi RS Universitas Hasanuddin. Jumat 17 Februari 2023.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Magang Residensi Rumah Sakit Unhas yaitu Dr dr A Indahwaty Sidin, MHSM dan Nurmala Sari, SKM MARS MA mahasiswa Departemen Manajemen Rumah Sakit FKM Unhas, serta beberapa perwakilan unit/instalasi di Rumah Sakit Unhas.

Sebelumnya, mahasiswa telah melaksanakan magang residensi selama 6 pekan yang berlangsung mulai dari 26 September – 4 November 2022.

- Iklan -

Kegiatan Magang Residensi Rumah Sakit ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang manajemen rumah sakit sehingga mahasiswa dapat menyeimbangkan pengetahuan akademik yang diperoleh selama perkuliahan dengan pengetahuan dan keterampilan teknik pengelolaan rumah sakit.

Selain itu, mahasiswa juga dapat membandingkan pengetahuan terkait manajemen rumah sakit yang diperolehnya dengan kenyataan yang ada di rumah sakit.

Magang Residensi yang dilaksanakan di Rumah Sakit Unhas meliputi kegiatan-kegiatan berupa observasi terhadap anatomi dan fisiologi rumah sakit dan bagian-bagiannya, kebijakan dan standar operasional yang berlaku di tiap bagian, indikator kinerja, standar pelayanan minimal dan pencapaian tiap bagian, serta analisis terkait alur proses di setiap bidang/bagian di rumah sakit.

- Iklan -
Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Tidak hanya melakukan observasi dan analisis, mahasiswa magang residensi juga dituntut untuk memberikan kontribusi dengan membantu melakukan pekerjaan sebagai salah satu pengalaman kerja di rumah sakit selama proses magang berlangsung.

Pelaksanaan Magang Residensi di Rumah Sakit Unhas ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya tujuan ketiga yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan.

Dalam usaha menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk di semua usia, organisasi pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit harus selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanannya.

- Iklan -

Untuk mendukung hal tersebut diperlukan peningkatan sarana prasarana rumah sakit yang lebih baik dimulai dari mutu pelayanan, kualitas jasa, hingga kepuasan pelanggan dan pasien.

Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Selama kegiatan magang residensi berlangsung, mahasiswa telah membantu melakukan beberapa pekerjaan pada beberapa unit atau instalasi, selain itu mahasiswa juga melakukan observasi dan membandingkan kebijakan-kebijakan yang berlaku dengan kondisi atau realita yang terjadi pada Rumah Sakit Unhas.

Seperti yang dipaparkan pada saat Seminar Rumah Sakit, dimana terdapat beberapa ketidaksesuaian antara kebijakan yang ditetapkan, maka rumah sakit perlu untuk meningkatkan kinerjanya agar seluruh aspek pada rumah sakit dapat sesuai dengan kebijakan yang berlaku sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat serta memaksimalkan kontribusinya dalam pencapaian SDGs tujuan ketiga.

Diharapkan dengan adanya kegiatan magang residensi ini dapat memberi manfaat tidak hanya bagi mahasiswa yang sedang belajar untuk persiapan ke dunia kerja di bidang Manajemen Rumah Sakit, tetapi juga dapat menjadi sebuah input untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan di RS Universitas Hasanuddin.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU