Mahasiswa Magang FKM Unhas Turut Serta Menyuluh pada Pembinaan PIK Remaja di Kecamatan Manggala

Balai Penyuluh KB Kecamatan Manggala bersama dengan mahasiswa magang departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) FKM Unhas melakukan kegiatan pembinaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan penyuluhan Anemia pada remaja, Kamis (29/09).

Kegiatan ini dilaksanakan disalah satu rumah warga di RW 11 Kel. Manggala dan dihadiri oleh 12 orang remaja.

PIK-R merupakan ajang kegiatan program Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja dalam memberikan pelayanan informasi dan konseling mengenai perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

- Iklan -
Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Materi pokok yang disampaikan melalui metode ceramah berupa pengelolaan PIK Remaja serta batasan-batasan umur remaja menurut WHO, Kemenkes dan BKKBN yang dibawakan oleh Ibu Hasnawati, SKM MKes.

Dilanjutkan dengan materi tambahan berupa Anemia pada remaja dengan metode ceramah dan demonstrasi yang dibawakan oleh mahasiswa magang dalam kegiatan ini adalah Febriyanti Zefanya M dan Novena Maylania.

Anemia dapat memberikan dampak kesehatan bagi remaja yaitu menurunkan daya tahan tubuh, menurunnya daya berpikir, dan menurunnya prestasi belajar serta produktivitas kerja.

- Iklan -
Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Demonstrasi yang dilakukan menggunakan media emo demo ATIKA untuk memberikan pemahaman terkait makanan sumber zat besi (Fe).

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian flyer materi anemia remaja disertai dengan sesi diskusi dari peserta penyuluhan.

“Hati ayam, telur dan ikan (ATIKA) merupakan makanan yang mengandung zat besi dan baik untuk mencegah terjadinya anemia pada remaja,” ungkap Febriyanti, selaku mahasiswa magang FKM Unhas.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU