ADV A1
ADV B1

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Adakan Pelatihan Jumantik Cilik di SD Inpres 223 Kadatong

FAJAR Pendidikan

-ADV C1 -

Anggota Posko 20 Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melakukan intervensi dalam bentuk pelatihan Juru Pemantau Jentik Cilik (Jumantik Cilik).

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 13 Januari 2022 yang bertempat di SD Inpres 223 Kadatong, Desa Kadatong, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar.

-ADV C2 -

Pelatihan Jumantik Cilik ini dihadiri oleh 17 orang siswa Kelas 5. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kader-kader cilik yang dapat menjadi teladan di rumah dan sekolah dalam hal pemberantasan jentik nyamuk yang dapat menjadi sumber penularan berbagai penyakit, salah satunya yaitu Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Baca Juga :   Mahasiswa PBL II FKM Unhas – Puskesmas Bontokassi Bagikan Tablet Tambah Darah
-ADV C3 -

Intervensi ini dilaksanakan dengan menggunakan metode sosialisasi dan juga diskusi dengan para siswa kelas 5 SD Inpres 223 Kadatong.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian Pre-Test kepada para siswa dengan tujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan mereka sebelum diberikan materi.

-ADV C4 -

Kemudian kegiatan diakhiri dengan pemberian Post-Test untuk mengetahui tingkat pengetahuan serta kemampuan siswa setelah diberikan materi.

Baca Juga :   Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Kegiatan Seminar Awal di Kantor Desa Bontoloe

FKM Unhas

Materi yang dibawakan oleh mahasiswa PBL II FKM Unhas yaitu Pengertian DBD, Sumber Penularan DBD, Gejala DBD, Cara Pencegahan DBD, Pengertian JuManTik Cilik, Tugas JuManTik Cilik;

Cara Melihat Jentik Nyamuk dalam Tempat Penampungan atau Bak Mandi, Tempat Bersarangnya Jentik Nyamuk, dan Lingkungan yang berpotensi menjadi Tempat Perkembangbiakan Nyamuk.

Jumantik Cilik merupakan kader cilik yang melakukan pemantauan dan pemberantasan jentik nyamuk, khususnya nyamuk Aedes Aegypti.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
Sponsor
- ADV D2 -

TERKINI