Friday, May 29, 2020

Hati-hati, Korban DBD Mulai Berjatuhan

- Advertisement -

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Seorang yang tergigit dan terinfeksi Aedes aegypti akan merasakan satu atau lebih gejala demam berdarah. Beberapa di antaranya demam selama 3 hingga 7 hari, sakit kepala yang parah, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, nyeri otot dan sendi, diare, ruam pada kulit dan pendarahan mukosa yakni bisa pada hidung atau gusi.

Sebelum merasakan gejala di atas, ada baiknya memikirkan antisipasi. Pencegahan dan kontrol demam berdarah bergantung pada langkah pengendalian yang efektif dan kebersihan lingkungan. Selain itu Anda juga perlu memikirkan cara untuk membasmi sarang perkembangbiakan nyamuk.

Berikut yang bisa kamu lakukan sebagai antisipasi:

Pastikan kebersihan kamar dan rumah
Pencegahan sebaiknya dimulai dari diri sendiri, tempat tinggal, lantas lingkungan sekitar. Hindari menumpuk barang-barang tak perlu. Sebab kondisi tersebut akan berpotensi memungkinkan nyamuk Aedes aegypti bersarang atau berkembang.

Hindari pula menggantung terlalu banyak pakaian bekas pakai karena nyamuk menyukai aroma keringat manusia.

Batasi kembang-biak nyamuk
Jangan biarkan ada air tergenang di sekitar Anda. Kubur barang-barang yang dapat menampung air seperti plastik, ban bekas, drum, batok kelapa, pot, kaleng atau botol bekas yang sudah tak terpakai. Tutup seluruh wadah atau apapun yang bisa mengakibatkan genangan air seperti ember buangan AC, penadah hujan.

Untuk bak mandi, kuras setidaknya seminggu sekali untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di dalam rumah.

Siapkan lotion anti nyamuk
Usapkan lotion anti nyamuk pada kulit dan bagian tubuh untuk mencegah gigitan nyamuk. Waktu rawan nyamuk menyerang sekitar pukul 16.00 – 19.00.

Lindungi tubuh dari gigitan nyamuk
Kenakan celana panjang dan baju lengan panjang untuk menutupi kulit Anda. Bila perlu, pasang kelambu atau kasa nyamuk di tempat tidur, terutama untuk bayi.

Semprotan pembunuh serangga
Untuk berjaga, semprotkan obat pembunuh serangga di sudut-sudut gelap dalam rumah seperti di kolong tempat tidur, sofa, maupun di balik tirai.

Jangan biarkan tumbuhan padat
Pangkas pohon yang terlalu rimbun, buang seluruh daun yang berguguran dan sampah yang menumpuk, serta bersihkan kotoran yang menyumbat di talang atap. (*)

- Advertisement -

TERKINI

Minta Nadiem Tunda Tahun Ajaran Baru, Ribuan Orang Teken Petisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ribuan orang meneken petisi online meminta Presiden Joko Widodo dan Mendikbud Nadiem Makarim untuk menunda tahun ajaran baru. Petisi itu diinisiasi seseorang...

Perkuat Ukhuwah Makhluqiyah Jadi Tema Halalbihalal Virtual UIN Alauddin Makassar

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keluarga besar UIN Alauddin Makassar menggelar Halalbihalal virtual dengan mengusung tema, “Memperkuat Ukhuwah Makhluqiyah Menghadapi Pandemi Covid 19” via...

Jajaran Lantamal VI Lanal Kendari Rapid Test Massal Pengguna Jasa Pelabuhan Bungkutoko

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah kota...

Langgar SOP Covid-19, Kasat Lantas Polres Barru Panggil Oknum Kapus

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah, melalui Kasat Lantas Polres Barru Akp Mariana Taruk, memanggil untuk mengkonfirmasi salah satu oknum...

REKOMENDASI