Jumat, Februari 26, 2021

Masa Depan BPJS di Tahun Politik

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menyelenggarakan Seminar Kesehatan Nasional dengan tema “Masa Depan BPJS di tahun Politik”.

Kegiatan berlangsung Sabtu, 3 November 2018, berlokasi di Auditorium Prof Amiruddin FK Unhas. Kegiatan ini dihadiri Dekan FKM UNHAS Dr. Aminuddin Syam, SKM.,M.Med.,Ed , Ketua Departemen AKK FKM UNHAS, Dr. H. Muh. Alwy, M.Kes, guru besar AKK FKM Unhas, Prof. Dr. Amran Razak, SE, MSc, Prof. Dr. Indar, SH, MPH, Prof. Sukri Palutturi, PhD dan beberapa staf dosen AKK dan dosen dari departemen lainnya.

Ketua Departemen AKK FKM UNHAS, Dr. H. Muh. Alwy, M.Kes., dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar yang dilakukan oleh AKK adalah bagian dari kegiatan Dies Natalis FKM Unhas.

“AKK memiliki banyak sumber daya dengan kepakaran berbeda; misalnya politik kesehatan, hukum kesehatan, asuransi kesehatan dan ekonomi kesehatan yang sesungguhnya dapat bersinergi dengan BPJS, DPR/DPRD dan pemerintah keseluruhan,” jelas Alwy.

Sementara itu, Dekan FKM UNHAS, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. menyampaikan bahwa jaminan kesehatan itu adalah amanah undang-undang, karena itu negara wajib melindungi dan menjamin warganya dalam hal akses, kualitas dan kesulitan pembiayaan.

“Meskipun demikian dengan defisitnya BPJS ini maka paradigma kesehatan harus benar-benar berubah menjadi paradigma sehat,” katanya.

Seminar tersebut di buka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. Drg. Andi Arsunan Arsin, M.Kes. Dalam sambutannya, ia menyampaikan perlunya peningkatan kegiatan ilmiah dan penalaran seperti yang dilakukan oleh AKK.

Ia bahkan menyampaikan bagaimana jaminan kesehatan ini bisa meng-cover semua mahasiswa Unhas.

Keynote Speaker dalam kegiatan ini adalah Gubernur Sulawesi selatan yang diwakili oleh Kadis Dinkes Prov. Sulawesi selatan. Ada pun, pembicara lainnya masing-masing, H Syamsul Bachri MSc (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI), Walikota makassar diwakili, Kadis Dinkes kota Makassar, Staf Direksi BPJS Kesehatan Bapak Nasihin Masha, dan Prof Dr H Amran Razak MSc (Guru Besar FKM Unhas) dan penanggap utama Prof. Dr. H. Indar SH., MPH. Sementara acara tersebut dipandu oleh moderator Dr. Darmawansyah SE.,M.Sc, terang Ketua Panitia“

Kegiatan ini diikuti berbagai mahasiswa baik didalam maupun diluar sulawesi selatan. Adapun jumlah peserta sebanyak 902 orang” jelas ketua panitia, Rahmat Anzari. (FP)

 

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah, Kemudian mengambil sumpah Jabatan Kepala Daerah yang berlansung di Rumah...

Kakan Kemenag Bone ke Pejabat Baru: Lahirkan Inovasi Ukir Prestasi

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kantor (Kakan) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum meminta pejabat yang menjabat jabatan...

Ketua DPW Kemenag Bone: Bantuan Sekecil Apapun Akan Manfaat

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua DWP Kemenag Bone Hj. Asmawaty, S. Kep., Ns M.Kes. bersama pengurus inti mendatangi kantor Baznas di lantai dasar Masjid...

Besok, Pelantikan Bupati dan Wabup Barru Diadakan Secara Virtual

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Jumat Besok, merupakan hari pertama bagi lembaran baru kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Barru Periode 2021-2024. Untuk pertama kalinya, pelantikan...

KIR MAN 3 Kota Makassar Membuka Peluang Untuk Berkarya Bertajuk Journalist Competion

Makassar,FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan inovasi di Era New Normal ini, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAN 3 Kota Makassar membuka...

REKOMENDASI