Saturday, October 24, 2020

Rektor Dorong Pemanfaat Teknologi Digital dalam Proses Perkuliahan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) mendorong kepada para Dosen dalam lingkup UNM untuk terus melakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital.

Hal tersebut ia sempaikan pada Workshop E-Learning yang di gelar Fakultas Tekni, dalam impelementasi System and Application Management Open Knowledge SYAM-OK yang merupakan pltaform e-learning yang digunakan UNM dalam perkuliahan daring. Kegiatan tersebut digelar di Gardenia Hall lt.5 Hotel Claro.

“Sejak sebelum covid kita sudah mecoba menghadirkan dalam proses belajar berbagai langkah inovasi menyiapkan proses pembelajaran, jadi bukan karena adanya Covid, tapi dari dulu saya katakan seluruh dosen harus mempersiapkan bahan ajarnya dalam bentuk daring,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kemajuan teknologi 4.0 telah memaksa seluruh negara di dunia untuk beradaptasi. Menurutnya, teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam aktivitas hidup manusia.

“Kita sadar betul negara kita bahkan seluruh dunia dipaksa memasuki revolusi industri 4.0 yang Seluruh aspek kehidupan itu sudah diwarnai dengan teknologi,” jelasnya.

Dengan ini, ia mendorong para dosen dalam melakukan proses perkuliahan dan seluruh perangkat pembelajaran agar mahaiswa diajarkan kemampuan memahami dan menggunakan teknolgi.

“Karena itu ia menekankan dalam pelaksanaan proses pembelajar perlunya penekanan kepada mahasiswa dalam mempelajari dan manfaatkan teknologi. Apalah artinya kita berposes dengan baik denga memberikan keilmuan dan keterampilan kepada mahasiswa kita sampai menjadi alumni kalau kemudian tidak bisa menjadi apa-apa di luar sana,” tambahnya.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Gandeng Dewan Pers, RSPP, dan Pertamina Berikan Tes Swab PCR Gratis 105 Insan Media

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Dengan menggandeng Dewan Pers, Pertamina memberikan pelayanan tes usap polymerase chain reaction (PCR) gratis kepada 105 insan media. Pelaksanaan tes...

Pramuka Saka Bahari Makassar Sambut Danlantamal VI Dengan Tiupan Pluit Khas TNI AL

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Anak – anak Pramuka Saka Bahari Makassar sambut kedatangan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI ) Laksamana...

Wujudkan Kedokteran yang Berkeadilan, PSPD FKIK UIN Alauddin Miliki Jalur Afirmasi Agama dan Ekonomi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan  (PSPD FKIK) UIN Alauddin Makassar telah resmi menerima mahasiswa baru sejak...

OPINI : The Real Impostor Negara Dan Suara Masyarakat

FAJARPEBDIDIKAN.co.id - Awal mulanya Omnibus Law menyuarakan tentang kenaikan gaji,pengurangan jam kerja dan semakin banyaknya lapangan kerja. Padahal realitanya Omnibus law menjadi...

Vidcon Antisipasi Covid-19, Libur akhir Oktober

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir Oktober 2020, sebagaimana ditetapkan dalam Keppres no 17 tahun 2020...

REKOMENDASI