Masbuq, Pahalanya Sama

Sahabat ST Fillah melanjutkan tema sebelumnya tentang selangkah kaki ke masjid mendapatkan ampunan dosa, ternyata termasuk yang terlambat (masbuq) juga dapat pahala yang sama.

Dalilnya berikut ini. “Barang siapa datang ke masjid, sedangkan imam telah salat, dari Sa’id bin al Musayyib rahimahullah, dia berkata, “Seorang laki laki dari kalangan Anshar, sedang dalam keadaan sakratul maut lalu ia berkata, “Sesungguhnya aku akan memberitahu kalian sebuah hadist. Aku memberitahu kalian, kecuali hanya mengharap pahala dari Allah.

Pahalanya Sama

- Iklan -

Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, “Jika salah seorang dari kalian wudhu lalu menyempurnakan wudhunya. Setelah itu pergi keluar untuk salat berjamaah, maka tiendaklah ia mengangkat kaki kanannya melainkan Allah azza wa jalla mencatat sebuah kebaikan darinya.

Baca Juga:  Tingkatan Orang yang Berpuasa

Hendaklah salah seorang di antara kalian (memilih antara) memperpendek atau memperpanjang langkahnya. Jika dia datang ke mesjid kemudian salat berjamaah, maka diampunilah dosanya.

Jika dia datang ke masjid pada saat orang-orang telah menyelesaikam beberapa rakaat dan masih tersisa beberapa rakaat lalu dia ikut salat dan menyempurnakan beberapa rakaat yang tersisa, maka diapun mendapat pahala seperti tadi.

- Iklan -

Jika dia mendatangi masjid pada saat orang orang telah menyelesaikan salat lantas dia menunaikan salatnya, maka diapun mendapat pahala seperti tadi” (Shahih : Shahih Sunan Sunan Abi Dawud (no. 527), Sunan Abi Dawud (Aunul Ma’buud) (II/270 no 559).

Baca Juga:  Al-Quran Pedoman Hidup

Dari Abu Hurairah eashyallahu anhu, ia mwngatakan, “Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa wudhu, lalu membaguskan wushunya, kemudian menuju mesjid, tapi dia dapati orang orang telah selesai salat, maka Allah azza wa jalla memberinya pahala orang yang melaksanalan dan menghadiri salat jama’ah tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun”. (Shahih:Ahahih Sunan Abi Dawud (no.528) Sunan Abi Dawud (Aunul Ma’buud (II/272 no 560, Sunan An Nisa’i (II/111). (kultum/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU