Doa untuk Orang Naik Haji dan Doa Agar Segera Naik Haji, Amalkan

Doa untuk Orang Naik Haji dan Doa Agar Segera Naik Haji, Amalkan, Doa untuk orang naik haji bisa Anda bacakan saat mengantar sanak saudara atau kenalan yang hendak berangkat melaksanakan rukun Islam kelima di tanah suci Mekkah.

Haji adalah ibadah yang harus dilakukan, terutama oleh umat Islam yang mampu. Terlebih, mengunjungi tanah suci pasti merupakan impian bagi setiap umat-Nya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Banyak hal yang harus dipersiapkan saat hendak melaksanakan haji. Yang paling utama tentu kemampuan finansial yang mencukupi dan kondisi kesehatan fisik yang mumpuni untuk dibawa melalui perjalanan jauh.

Jika Anda pribadi belum dapat menunaikan haji, namun memiliki keluarga atau kenalan yang akan berangkat haji dalam waktu dekat, Anda bisa ikut melepas kepergian mereka dengan bacaan doa untuk orang naik haji seperti yang tertuang di bawah ini.

Doa untuk Orang Naik Haji

Di Indonesia, para jemaah haji yang hendak berangkat ke tanah suci biasanya menggelar acara baca doa untuk orang naik haji di rumahnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan peserta haji dan kemaslahatan keluarga yang ditinggalkan.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Momen Istimewa Ustaz Khalid Basalamah dan Gus Miftah Berpelukan, Adem Lihatnya

Mengutip laman NU Online, Rasulullah SAW menganjurkan bacaan doa untuk orang naik haji berikut ini untuk dibacakan saat hendak melepaskan kepergian sanak saudara atau kenalan ke tanah suci Mekkah;

BACA JUGA:  Bacaan Injil Katolik Hari Ini Selasa 21 Februari 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

ุฒูŽูˆูŽู‘ุฏูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุชูŽู‘ู‚ู’ูˆูŽู‰ ูˆูŽุบูŽููŽุฑูŽ ุฐูŽู†ู’ุจูŽูƒูŽ ูˆูŽูŠูŽุณูŽู‘ุฑูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุง ูƒูู†ู’ุชูŽ

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Zawwadakallรขhut taqwรข, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumรข kunta.

Artinya: โ€œSemoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.โ€

Dibaca oleh Rasulullah SAW saat salah seorang sahabatnya berkata akan mengadakan perjalanan jauh. Doa untuk orang naik haji ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA.

ูˆุฑูˆูŠู†ุง ููŠ ูƒุชุงุจ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠุŒ ุนู† ุฃู†ุณ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ู‚ุงู„ : ุฌุงุก ุฑุฌู„ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูู‚ุงู„: ูŠุงุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุฅู†ูŠ ุฃุฑูŠุฏ ุณูุฑุง ูุฒูˆุฏู†ูŠุŒ ูู‚ุงู„: “ุฒูˆุฏูƒ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชู‚ูˆู‰”ุŒ ู‚ุงู„: ุฒุฏู†ูŠุŒ ู‚ุงู„: “ูˆุบูุฑ ุฐู†ุจูƒ”ุŒ ู‚ุงู„: ุฒุฏู†ูŠุŒ ู‚ุงู„: “ูˆูŠุณุฑ ู„ูƒ ุงู„ุฎูŠุฑ ุญูŠุซู…ุง ูƒู†ุช” ู‚ุงู„ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ: ุญุฏูŠุซ ุญุณู†

Artinya: โ€œDiriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, โ€˜Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,โ€™ kata sahabat tersebut. โ€˜Zawwadakallรขhut taqwรข,โ€™ kata Rasulullah SAW. โ€˜Tambahkan lagi ya Rasul,โ€™ kata sahabat itu. โ€˜Wa ghafara dzanbaka,โ€™ kata Rasulullah SAW. โ€˜Tambahkan lagi ya Rasul,โ€™ kata sahabat itu. โ€˜Wa yassara lakal khaira haitsumรข kunta,โ€™ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan,โ€ (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

Doa Agar Segera Dapat Naik Haji

Selain membacakan doa untuk orang naik haji, ada juga doa yang bisa dibacakan agar Anda sendiri juga lekas diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. Dilansir dari laman Liputan6.com, berikut bacaan doa agar segera dapat naik haji beserta artinya;

BACA JUGA:  Renungan Harian Katolik Kamis 16 Februari 2023: Petrus

Rabbana taqabbal minna innaka anta sami’ul alim rabbana wajโ€™alna muslimaini laka wamin zurriyatina ummatam muslimatan laka waโ€™arina manasikana wa tubโ€™alaina innaka anta tawwabur rahim.

Artinya: “Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Selain itu, Anda juga bisa membaca doa untuk orang naik haji ini:

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุตูŽู„ูŽุงุฉู‹ ุชูุจูŽู„ู‘ูุบูู†ูŽุง ุจูู‡ูŽุง ุญูŽุฌู‘ูŽ ุจูŽูŠู’ุชููƒูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ูˆูŽุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุจู’ุฑู ู†ูŽุจููŠู‘ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฃูŽูู’ุถู’ู„ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽุงู…ู ูููŠู’ ู„ูุทู’ูู ูˆูŽุนูŽุงูููŠูŽุฉู ูˆูŽุณูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ูˆูŽุจูู„ููˆู’ุบู ุงู„ู’ู…ูŽุฑูŽุงู…ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู– ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ู’

Allahumma shalli โ€˜alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa โ€˜aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa โ€˜alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah shalawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya shalawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”

_____________

Sumber : Merdeka.com

Bagikan