Melalui PKM, Mahasiswa Unhas Peduli Pendidikan Anak Pulau

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam kemajuan suatu bangsa agar tidak tertinggal dari bangsa lain. Indonesia sebagai negara kepulauan membuat pemerintah sulit untuk menjangkau seluruh pulau utamanya pulau-pulau terluar maka akan terjadi ketidaksetaraan pembangunan fasilitas-fasilitas khususnya fasilitas pendidikan.

Minimnya fasilitas Pendidikan di pulau-pulau terluar membuat anak-anak harus berjalan berpuluh kilometer atau berperahu mengarungi lautan agar bisa bersekolah. โ€œSulitnya akses ini membuat sebagian besar dari mereka lebih memilih untuk berhenti sekolah dan bekerja membantu orangtua mereka di laut,โ€ ungkap Wildayati Khairiyah Syamsuddin, mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.

Baca Juga:  BEM Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Unifa Gelar Latihan Kepemimpinan
Mengenalkan huruf kepada anak-anak
Mengenalkan huruf kepada anak-anak

Kondisi seperti ini, lanjutnya, banyak terjadi. โ€œSalah satunya di pulau Lanjukang, Sulawesi Selatan,โ€ kata Wildayati.

- Advertisement -

Pulau Lanjukang merupakan pulau terluar di wilayah Makassar yang berjarak kurang lebih 40 km dngan perjalanan kurang lebih tiga jam dari kota Makassar dengan 14 KK.

โ€œAkses keluar-masuk ke pulau tersebut terbilang sulit karena perlu menyewa kapal kecil dengan biaya yang cukup tinggi membuat anak-anak di pulau tersebut berhenti sekolah karena tidak adanya sekolah yang beroperasi di pulau Lanjukang sehingga banyak dari anak pulau Lanjukang yang buta huruf,โ€ tuturnya.

Baca Juga:  Bupati Pinrang Terima Kunjungan Rektor Universitas Fajar

Melihat dari kebutuhan anak-anak pulau Lanjukang ini, maka Mahasiswa Unhas melalui Program Kreatifitas Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu memfasilitasi kebutuhan anak-anak tersebut dengan menyelenggarakan pendidikan luar sekolah berupa kegiatan pembelajaran dan pendampingan dengan menerap kan metode yang menarik dan menyenangkan.(*)

- Advertisement -

BERITA TERBARU