Mengenal Ciri Fisik Nabi Muhammad SAW

  1. Dari kesempurnaan fisik dan batin Rasukullah, menurut Syaikh As Sa’di rahimahullah, dalam dakwahnya, pengaruh fisik beliau dan termasuk faktor yang meningkatkan dan mendatangkan keimanan, ialah memgenal Nabi dengan budi pekertinya yang luhur. Serta sifat fisiknya yang sempurna.

Orang yang bebar benar mengenal beliau, tidak.merasa ragu dengan kejujurannya, kebenaran risalah yang beliau bawa, yaitu Al Quran dan sunnah serta agama yang benar

Menurut Syaikh As Sa’di, orang yang munshif, yang tidak mempunyai keinginan kecuali mengikuti kebenaran, hanya dengan melihat beliau, dan mendengarkan tutur katanya, akan segera beriman kepada beliau. Dan tidak sangsi kepada tutur katanya.

Banyak orang yang hanya sekadar menyaksikan wajahnya, menjadi yakin bahwa beliau bukan seorang pendusta (AT – Taudhih wal Bayan, hlm 29 – 30).

- Iklan -

Ciri Fisik Rasulullah

Anas bin Malik radhyallahu anhu berkata, ” Rasulullah, perawakannya tidak terlalu tinggi, juga tidak pendek. Kulitnya tidak putih sekali. Juga tidak kecoklatan. Rbutnya tidak keriting pekat, juga tidak lurus menjurai

Baca Juga:  Meraih Berkah Ramadan

Allah mengutusnya pada usia 40 tahun. Beliau tinggal di Mekah selama 10 tahun. Syaikh Al Bani berkata pada riwayat lain, beliau tinggal di Mekah 13 tahun Riwayat ini mengatakan, 10 tahun, dimungkinkan perawInya menghapus bilangan pecahannya juga (tiga tahun) dan di Madinah selama 13 tahun.

Allah mewafatkannya pada usia enampuluh tahunan (Syaikh al Albani berkata dalam riwayat lain), saat beliau berusia 63 tahun. Riwayat ini lebih masyhur dan lebih shahih.

- Iklan -

Dengan itu, maka riwayat enam puluh tahun diarahkan perawinya menghapus bilangan pecahannya juga). Dan uban beliau, tidak mencapai 20 helai, di kepala ataupun jenggot beliau. Rasulullah memiliki postur sedang. Fisiknya bagus

Menurur Bara bin Azis, Rasulullah berambut ikal, berpostur sedang. Bahunya bidang. Rambutnya lebat sampai cuping telinga. Bekiau kerap memakai kain merah “Aku belum pernah melihat orang yang lebih tampan dari beliau”, ucapnya.

Ali bin Abi Thahib berkata, : Nabi bukanlah orang yang tinggi, dan bukan orang yang pendek . Kedua telapak tangan dan kaki beliau, tebal. Kepala beliau, besar.Tulang tulang panjangnya, besar.

- Iklan -
Baca Juga:  Kapan Malam Lailatul Qadar?

Bulu bulu dadanya panjang. Jika berjalan, badannya tegak, layaknya orang yang sedang nenapaki jalan yang menurun ” Aku belum pernah meligat orang seperti beliau, sebeum dan setelahnya”, ucap Ali Bin Abi Thalib.(Al Mukhtashar hsdist no.4)

Jabi radhyallahu anhu juga berkats ” Aku melihat Rasulullah di malam purnama. Beliau mengenakan kain merah. Aku mulai memandang beliau dan bulan. Ternyata beliau lebih indah dibandingkan bulan”, ucap Jabir. (Al Mukhtashar hafist no.8).

Abu Hurairah berkata, ” Radulullah berkulit putih bagaikan disepuh dengan perak. Rambutnya agak bergelombang/ikal”. (Al Mukhtashar hadist no.10).

Aisyah radhyallahu anha, isteri Rasulullah, berkata, ” Aku mandi bersama Rasulullah dari satu bejana. Beliau mempunyai rambut sampai pundak, dan juga hingga cuping telinga”. ( Al Mukhtashar hadist no.22). ( Ust.Muhammad Ashim bin Musthofa Lc/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU