Mengenal Cleopatra, Tuangkan Kecantikan dalam Banyak Buku

Cleopatra, Ratu Mesir sangat terkenal dengan kecantikannya. Saking inginnya semua wanita menjadi cantik, dia tidak menyembunyikan rahasia tentang kecantikannya.

Tips-tips kecantikannya dituangkan dalam banyak buku. Dan telah banyak disebarkannya. Berbeda dengan banyak orang, hal-hal yang istimewa pada dirinya dirahasiakannya. Dia menginginkan, dirinya saja yang memiliki keistimewaan tersebut.

Lalu apa saja kiat-kiat kecantikan Cleopatra? Ternyata, dengan perawatan herbal. Dengan banyak mengetahui bahasa, ia memiliki akses ke banyak papirus, yang hilang hari ini.

- Iklan -

Pengaruhnya pada ilmu pengetahuan dan obat-obatan di awal abad kekristenan, dia tanpa diragukan lagi, sosok unik dalam sejarah kemanusiaan.

Prestasi Masa Muda

Cleopatra naik tahta pada usia yang terbilang masih sangat muda, 17 tahun. Sebuah prestasi yang sangat luar biasa. Apalagi di kalangan perempuan. Dia meninggal pada usia yang juga terbilang masih muda, 39 tahun.

Baca Juga:  Enam Nutrisi Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Cleopatra menguasai 9 bahasa. Dan dia paham serta mengetahui bahasa Mesir kuno. Dia juga telah belajar hieroglif, sebuah kasus unik dalam dinastinya.

- Iklan -

Dia tahu bahasa Yunani, bahasa Parthia, Ibrani, media Troglodites, bahasa Suriah, Ethopia, dan bahasa Arab. Dengan pengetahuan bahasanya tersebut, buku apapun di dunia terbuka untuk dibacanya.

Selain bahasa, dia juga belajar geografi, sejarah, astrologi, diplomasi, internasional, matematika, alkimia, kedokteran, zoologi, ekonomi, serta disiplin ilmu lainnya.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Anak Bandel

Cleopatra mencoba untuk mengakses semua pengetahuan tentang waktunya. Hingga dia menghabiskan banyak waktunya di semacam laboratorium kuno.

- Iklan -

Herbal dan Kosmetik

Cleopatra menulis beberapa karya tentang herbal dan kosmerik. Sayangnya, buku-bukunya hancur dalam kebakaran Perpustakaan Agung Alexandria, pada 391 Masehi CC.

Fisikawan terkenal, Galen, mempelajari karyanya. Dan mampu menyalin beberapa resep yang dirancang Cleopatra. Salah satu obat yang direkomendasikan Galen kepada pasien-pasiennya adalah krim khusus yang dapat membantu pria botak mengembalikan rambut mereka.

Buku-buku Cleopatra temasuk tips kecantikan, tetapi tidak ada yang mewarisinya. Sayang seribu sayang. (Syahriar Tato/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU