Tuesday, July 14, 2020

Iyabelale, Ritual Pengantar Tidur Anak

ilustrasi bayi yang sedang tidur

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id— Iyabelale merupakan sebuah lagu yang kerap didendangkan oleh para ibu atau perempuan tua bugis untuk menidurkan anak mereka.

Namun, lagu yang dahulu menjadi ritual masyarakat bugis ini seakan menghilang tergerus arus kecanggihan teknologi, oleh sebab itu, Dosen Pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM), Arifin Manggau membuat sebuah disertasi menganai budaya  suku bugis di Sulawesi Selatan.

Mengangkat judul, Iyabelalae, Ritual Pengantar Tidur Anak; Makna pada struktur dan fungsi sebagai ekspresi budaya dalam pendidikan keluarga suku Bugis di Sulsel.

Karya disertasinya mengangkat tentang struktur bentuk pada penyajian anak sekaitan Iyabelale dan fungsinya di masyarakat.

Pendukung dalam struktur dan bentuk adalah salah satu bentuk pola asuh dan tatacara dalam mendidik anak sejak dini. Bagaimana tentang merawat anak menuju kebaikan, memiliki gizi yang baik serta berahlak mulia.

Namun pada konten fungsi, sebagai  sarana ritual magis, sarana bentuk kepribadian ibu, serta sebagai bentuk peletakan dasar pendidikan anak sejak dini.

Iyabelale adalah sebuah nyanyian Pakkurru Sumangek (pembasuh jiwa) dan memiliki nilai sakral yang tinggi bagi masyarakat pendukung dengan berbentuk buaian senandung.

Karya ini dipromosikan didepan para penguji yakni prof. DR. H. Cjetcjep R. Rohodi, M, Hum (promotor), Prof Totok Sumaryanto, M.Pd (copromotor), DR. Karta Jayadi, M.Sn (Copromotor), Prof. Dr. Suminto (Penguji Ekternal), Dr. Udi Utomo M.hum (Penguji Internal), Dr. Hartono, dan Rektor Unnes selaku Pimpinan Sidang dan Direktur Pasca Unnes selaku Sekertaris sidang ujian.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Bupati Barru Tegaskan, Proses Rapid Test Gratis Masyarakat Dipermudah

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bupati Barru Suardi Saleh, mengimbau kepada Tim Gugus Tugas (TGT) Coronavirus deseases 2019 (Covid-19) Barru, agar mempermudah pelayanan rapid...

Posal Pinrang Lantamal VI Ikuti Apel Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Makodim 1405/Mlts Parepare

Parepare, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 Kotamadya Parepare Sulsel, Personel Pos TNI AL (Posal) Pinrang Lantamal VI mengikuti...

OPINI: Era Digitalisasi Perpustakaan dan Budaya Keilmuan

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Sebenarnya metode ini sangat populis dan cukup diterima oleh berbagai kalangan terutama generasi muda yang setiap hari berkutat dengan gadget mereka. Kaitannya...

Mengapa Burung Nggak Pernah Nyasar?

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Studi baru mengatakan bahwa keberadaan protein tertentu di mata adalah faktor kunci dalam sistem navigasi burung. Navigasi memiliki nilai...

Adu Balap Burung-burung Tercepat di Dunia

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Hingga saat ini, para peneliti belum sepakat tentang burung apa yang paling cepat di dunia. Namun, tidak ada salahnya jika kita mengulas...

REKOMENDASI