Mengenal Koala, Hewan Asal Australia Tidur 20 Jam Sehari

Koala biasa disebut marsupial. Di Australia ada hewan yang mirip panda. Hewan abu-abu yang cantik ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di pepohonan dan dapat bertahan hidup selama 20 tahun di alam liar. Selain itu, koala memiliki ciri unik yang jarang diketahui manusia. apa yang kamu Ayo, mari kita lihat bersama.

1. Badannya berbau kayu putih

Sangat alami bagi koala untuk mencium bau eucalyptus saat mereka memakan daun eucalyptus (eucalyptus).

- Iklan -

Mereka makan hingga 1,1 kilogram daun kayu putih setiap hari dan tubuh mereka menyerap aroma daun tersebut, itulah sebabnya koala berbau seperti kayu putih. Untuk membedakannya, koala jantan memiliki bau badan yang lebih menyengat dibanding koala betina.

Baca Juga:  Dinosaurus: Fakta Menarik Keberadaan Hewan Purba yang Menguasai Daratan Bumi

2. Koala jarang minum

Bisa dibilang hewan Australia ini jarang minum, karena sumber airnya berasal dari daun eucalyptus yang mereka makan.

- Iklan -

Tapi bukan berarti mereka tidak minum air sama sekali. Koala minum saat terkena suhu yang sangat panas atau hujan deras dengan cara menjilati batang kayu yang basah. Uniknya, kata “koala” berarti “tanpa air” menurut masyarakat Dharug dari Australia.

3. Tidur 20 jam sehari

Baca Juga:  Inilah 10 Daftar Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup hingga Kini

Hampir sepanjang hari, koala tidur rata-rata 20 jam sehari. Itu karena daun kayu putih yang mereka makan sangat rendah nutrisinya sehingga tidak mengandung banyak energi.

- Iklan -

Untuk menyimpan energinya, koala tidur sepanjang hari untuk mendapatkan energi untuk bermigrasi dari pohon ke pohon, mencari makanan, atau menghindari pemangsa.

Koala merupakan hewan dengan banyak keunikan yang harus dilestarikan. Meski tidak perlu mengkhawatirkan populasinya, perusakan habitat manusia terhadap hewan ini terus terjadi setiap tahun, yang tentunya berdampak pada jumlah koala itu sendiri. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU