ADV A1
ADV B1

Mengenal Pakaian Khusus Astronaut Beserta Fungsinya Masing-masing

FAJAR Pendidikan

Tahukah kamu tentang perlengkapan baju khusus Astronaut yang sering kita saksikan di TV bahkan dalam film atau drama?

Pakaian astronaut yang berwarna oranye disebut dengan Advanced Crew Escape Suit, teman-teman. Astronaut mengenakannya saat keberangkatan menuju ke ruang angkasa dan saat kepulangan menuju ke Bumi. Sedangkan pakaian astronaut yang berwarna putih namanya Extravehicular Activities Suit atau Extravehicular Mobility Unit.

-ADV C2 -

Dilansir dari situs resmi Nasa, astronot bisa beraktivitas di luar pesawat antariksa karena menggunakan baju khusus. Baju tersebut berlapis dua dan helm, berikut penjelasannya:

BAJU ASTRONOT
Mengenal Pakaian Khusus Astronaut Beserta Fungsinya Masing-masing. [FOTO/INT]

Baju dalam

-ADV C3 -

Baju pertama yang menempel pada tubuh astronot adalah Liquid cooling and ventilation garment. Lapisan ini merupakan pakaian dalam yang dirancang untuk memaksimalkan sirkulasi udara di sekitar tubuh astronot.

Terdapat selang-selang di bagian belakang yang berisi cairan pendingin. Fungsinya untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Selain itu, baju astronot juga dilengkapi dengan popok yang memiliki daya serap tinggi. Setelah itu, astronot akan menggunakan penutup kepala lengkap dengan alat komunikasi.

BACA JUGA :   Kenapa Hujan Sering Turun Saat Imlek? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bagian luar

-ADV C4 -

Di bagian luar, pertama yang digunakan adalah lower torso yang terdiri dari celana dan penutup bagian pinggang yang menjadi satu kesatuan. Setelah itu, menggunakan upper torso dan arm assembly. Berfungsi untuk menutup bagian dada dan tangan.

Bagian upper torso juga dilengkapi tempat minum yang disambungkan dengan sedotan panjang. Di belakang upper torso terdapat bagian penting, yaitu Primary Life Support System (PLSS). Dalam PLSS terdapat baterai dan komputer untuk mengontrol kinerja baju, radio komunikasi, sistem sirkulasi oksigen, dan filter karbon dioksida.

BACA JUGA :   10 Tumbuhan Paling Ganas di Dunia, Salah Satunya Lili Kobra

Sedangkan di bagian bawah PLSS ada modul pendorong seperti jetpack mini untuk membantu astronot bergerak di luar angkasa.

Helm

Setelah menggunakan baju dalam dan luar, saatnya astronot menggunakan helm. Bagian luar helm terdapat lampu dan kamera yang berfungsi merekam segala aktivitas astronot di luar pesawat angkasa. Helm tersebut dilengkapi visor khusus yang dilapisi emas.

Fungsinya untuk mengurangi intensitas cahaya matahari. Helm ini sama dengan upper torso yang terbuat dari fiberglass dan serat karbon. Sedangkan bagian tangan dan kaki terbuat dari 14 lapisan khusus mirip dengan rompi anti peluru. Seluruh baju luar angkasa dilindungi oleh komposit yang kuat.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI