Menyaksikan Kehidupan dan Menikmati Keindahan Pulau Jinato

Produksi gula-gula atau permen khas pulau Jinato.
Produksi gula-gula atau permen khas pulau Jinato.

Pulau Jinato merupakan salah satu gugusan pulau berpenduduk yang secara administratif berada di bawah pemerintahan Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di desa yang mayoritas dihuni oleh suku Bugis Sinjai ini. Karena termasuk dalam untaian gugusan atol Taman Nasional Takabonerate yang terletak di selatan, sehingga menjadikannya salah satu pintu masuk ke kawasan Takabonerate.

Memiliki panorama alam, baik itu bawah lautnya maupun Pulau Lantigiang, pulau kecil tak berpenghuni yang berada tepat di sebelah utara. Anda juga bisa belajar bagaimana proses transplantasi karang karena di Desa Jinato ada pengembangan wisata edukasi, terdapat taman transplantasi karang yang dibuat oleh Masyarakat Mitra Polhut dan Kelompok Transplantasi Karang binaan Balai TN.

Satu lagi yang tak boleh Anda lewatkan jika berkunjung di Pulau Jinato, jalan-jalan keliling desa menyaksikan kearifan dan aktivitas masyarakat setempat. Mulai dari proses pembuatan jala/jaring penangkap ikan, pembuatan ikan asin, pembuatan minyak kelapa, pembuatan abon ikan, dan banyak lainnya.

Menarik kan? Jika ingin melihat kehidupan dan menikmati keindahan yang dimiliki oleh pulau Jinato, Anda harus menempuh perjalanan laut selama 5 jam dari Pelabuhan Pattumbukang Kepulauan Selayar atau 8 jam dari kota Benteng, Kabupaten Selayar. (NASKAH DAN FOTO: SRIYANTO/FAJAR PENDIDIKAN)