Renungan Harian Kristen, Senin, 20 Mei 2024: Menjadikan Jiwa Kita Milik Kita

Renungan Harian Kristen hari ini, Senin, 20 Mei 2024 berjudul: Menjadikan Jiwa Kita Milik Kita

Bacaan untuk Renungan Harian Kristen hari ini diambil dari Kitab Lukas 21:19

Renungan Harian Kristen hari ini mengisahkan tentang Menjadikan Jiwa Kita Milik Kita

- Iklan -

Lukas 21:19 – Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu.”

Pengantar:

Good mood. Suasana hati yang enak, itulah umumnya yang dicari orang modern, dengan bayaran apa pun. Renungan hari ini mengatakan, suasana hati hampir selalu berakar dalam situasi lahiriah, bukan batin kita. Bagi seorang Kristen, sekalipun merupakan perjuangan yang berkesinambungan, tidak patut mendengarkan suasana hati dan jangan sekali-kali tunduk kepadanya. Demikianlah cara dan disiplin “Menjadikan Jiwa Kita Milik Kita.”

- Iklan -

Renungan Harian Kristen, Senin, 20 Mei 2024

Bila seseorang dilahirkan kembali, akan ada waktu ketika ia tidak mempunyai vitalitas pemikiran dan penalaran yang dimilikinya sebelumnya. Kita harus belajar mengekspresikan hidup baru ini dalam kita, membentuk “pikiran Kristus” (lihat Filipi 2:5).

Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Sabtu, 18 Mei 2024: Hidup Bersahaja -- Namun, Tetap Fokus

Yang dimaksudkan ayat di atas, kita berusaha memperoleh hidup kita melalui kesabaran. Akan tetapi, banyak di antara kita lebih suka tinggal di pintu masuk kehidupan Kristen ketimbang berjalan terus untuk membangun hidup kita sesuai dengan hidup baru yang telah ditaruhkan Allah di dalam diri kita. Kita gagal karena ketidaktahuan kita akan cara Allah membentuk kita, dan kita menyalahkan iblis untuk hal-hal yang sebenarnya merupakan akibat sikap kita sendiri yang tidak disiplin. Pikirkanlah betapa bodohnya kita bila kita dibawa melihat keadaan kita yang sebenarnya dalam kebenaran-Nya!

Ada hal-hal tertentu dalam kehidupan yang tidak perlu kita doakan — mood atau suasana hati, misalnya: Kita tidak pernah dapat menyingkirkan suasana hati dengan doa, tetapi itu dapat kita lakukan dengan mendepaknya keluar dari hidup kita. Suasana hati hampir selalu berakar dalam situasi tertentu lahiriah, bukan dalam batin kita yang sesungguhnya.

- Iklan -
Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Minggu, 26 Mei 2024: Memahami Doa seperti yang Yesus Ajarkan

Merupakan perjuangan bersinambungan untuk tidak mendengarkan suasana hati yang timbul sebagai akibat dan keadaan lahiriah kita; jangan sekali-kali tunduk kepadanya meskipun hanya sekejap. Kita harus bangkit berdiri, kemudian kita akan mendapati bahwa kita dapat melakukan apa pun yang semula kita tidak yakin dapat melakukannya.

Masalahnya mengapa kita selalu gagal, karena kebanyakan kita tidak mau melakukannya. Kehidupan Kristen adalah perwujudan keteguhan dan tekad rohani dalam kedagingan kita.

Demikian Renungan hari ini, Senin, 20 Mei 2024 diambil dari Lukas 21:19 yang mengisahkan tentang Menjadikan Jiwa Kita Milik Kita dan disadur dari Renungan Oswald Chambers//alkitab.mobi.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU