MTQ VI KORPRI 2022, Kemendikbudristek Kirim 21 Kafilah

FAJAR Pendidikan

Populer

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan turut berpartisipasi dengan mengirimkan 21 pegawainya (kafilah) dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2022 di Padang, Sumatra Barat, pada 6-13 November 2022. Sebanyak 21 kafilah tersebut terdiri dari 15 peserta dan 6 pendamping, dengan mengikuti 8 cabang dari 9 cabang yang dilombakan.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mengatakan keikutsertaan Kemendikbudristek pada pagelaran MTQ bertujuan mengembangkan potensi pegawai Kemendikbudristek agar lebih beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

- Advertisement -

“Keikutsertaan Kemendikbudristek dalam lomba ini sebagai upaya menanamkan dan meningkatkan iman dan taqwa, toleransi beragama, serta penguatan karakter, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa,” ungkap Sekjen Suharti di Jakarta, pada Kamis (29/9).

BACA JUGA :   Alokasi APBN 2023 Kemendikbudristek Capai 80 Triliun

Delapan cabang yang diikuti delegasi Kemendikbudristek, yaitu Cabang Tartil Al-Quran diikuti oleh Abdullah Faiz dari Pusat Prestasi Nasional dan Ratna Juwita dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah;

Cabang Tilawah Al-Quran diikuti oleh Holis Marwan dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat dan Yulmenti dari Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen;

Cabang Hifz Al-Quran diikuti oleh Rama Prasetia dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara dan Noprigawati dari Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen. Selanjutnya, cabang Khath Al-Quran untuk golongan Kaligrafi Kontemporer diikuti oleh Aan Nurdian Saputra dari BPCB Maluku Utara;

Untuk golongan Kaligrafi Digital diikuti oleh Iffah Izatun Nida dari BPCB Maluku Utara dan Irman Efendi dari Balai Bahasa Riau dan golongan Kaligrafi Dekorasi diikuti oleh Fajril Arif Putra dari Biro Organisasi dan Tata Laksana, Sekretariat Jenderal.

BACA JUGA :   Keberagaman adalah Kekayaan Besar Indonesia

Kemudian cabang Adzan diikuti oleh Sartana dari Diretkorat Jenderal Pendidikan Vokasi, cabang Khutbah Jumat diikuti oleh Samsul Hadi dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK);

cabang Penulisan Artikel Al-Quran diikuti oleh Titis Sekti Wijayanti dari Ditjen GTK, dan cabang Doa diikuti oleh M Shalehudin Al Ayubi dari Ditjen GTK dan Aulia Nurul Huda dari BBGB Jawa Tengah.

Sebelumnya, MTQ KORPRI dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Unit KORPRI kabupaten/kota, provinsi, kementerian/LPNK, dan tingkat nasional. (*)

- Advertisement -

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI UNTUK ANDA

- Advertisement -

Terkini