ADV A1

5.260 Personel TNI-Polri Kawal 60 Ribu Buruh di May Day Fiesta, Berikut Rangkiayan dan Tuntutannya

FAJAR Pendidikan

Serikat buruh menggelar ‘May Day Fiesta’ dalam rangkaian peringatan hari buruh internasional atau May Day hari ini. Peringatan May Day dilakukan dengan serangkaian demo di DPR dan puncaknya perayaan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk menghindari kawasan GBK mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Diperkirakan ada 60.000 buruh yang akan ikut memeriahkan May Day Fiesta ini.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar kiranya besok mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB kiranya bisa menghindari kawasan GBK karena dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta, nanti masyarakat kita harapkan untuk menghindari,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, dilansir pada Jumat (13/5).

Puluhan ribu buruh diprediksi akan menghadiri kegiatan tersebut. Perkiraan ada 2.000 bus peserta yang akan memasuki GBK.

“Kegiatan ini karena akan dihadiri oleh peserta kurang lebih 60 ribu orang dan tempatnya adalah di GBK. Dari pemberitahuan oleh panitia kepada Polda Metro Jaya, akan diikuti atau menghadirkan bus kurang lebih 2.000 bus karena pesertanya di samping dari Jabodetabek, ada juga dari Jawa Barat dan sekitarnya,” tutur Zulpan.

BACA JUGA :   20 Link Twibbon Hari Buku Nasional 2022, Meriahkan Sosmed

5.260 Personel TNI-Polri Kawal May Day Fiesta

Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan untuk mengawal May Day Fiesta. Sebanyak 5.260 personel gabungan TNI dan Polri diturunkan untuk mengamankan kegiatan buruh ini.

“Untuk kegiatan pengamanan sendiri, dari Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan 5.260 personel pengamanan, termasuk ada bantuan dari instansi terkait, termasuk dari TNI juga,” kata Zulpan.

Pengamanan tersebut mencakup pengaturan lalu lintas, serta pengamanan di kompleks Stadion GBK selama pelaksanaan May Day Fiesta berlangsung.

Rangkaian May Day Fiesta
Kegiatan May Day Fiesta akan diawali dengan aksi di depan gedung DPR pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan May Day Fiesta di GBK pada pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Kegiatan itu akan diikuti oleh empat konfederasi buruh, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

“Ada empat konfederasi buruh yang akan hadir pada 14 Mei, KSPSI pimpinan Andi Gani, KSPI pimpinan Said Iqbal, ada lagi KPBI pimpinan Ilhamsyah, dan KSBSI pimpinan Darta Pakpahan,” kata Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea di Patung Kuda, Kamis (12/5).

BACA JUGA :   Ini Syarat Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022, Targetnya 16.000 Mahasiswa

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, setelah melakukan unjuk rasa di DPR, massa buruh akan melakukan long march menuju GBK.

Turunkan Harga Minyak Goreng
“Setelah itu mereka akan long march ke GBK bergabung dengan teman-teman massa buruh yang akan melaksanakan ulang tahun buruh, tapi dalam bentuk perayaan, makanya mereka menyebutnya May Day Fiesta, puluhan ribu buruh,” kata Sambodo, Rabu (11/5).

Sambodo mengimbau masyarakat pada hari Sabtu untuk menghindari kawasan Senayan dan MPR/DPR. Dia juga mengimbau masyarakat untuk menunda kegiatan olahraga di GBK pada Sabtu (14/5).

“Kami mengimbau kepada seluruh warga Jakarta sebaiknya pada hari Sabtu sejak pagi hingga sore sebaiknya menghindari kawasan Senayan dan depan MPR/DPR, artinya kawasan Gatot Subroto, Senayan, Gerbang Pemuda, Asia Afrika, Jl Sudirman itu sebaiknya dihindari,” kata Sambodo.

“Termasuk kalau bisa hari Sabtu mungkin sebaiknya tidak berolahraga dulu di GBK karena sejak pagi akan kedatangan bus, antara 800-1.000 bus yang akan mengangkut massa yang akan menghadiri kegiatan Fiesta,” sambungnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI