Senin, Desember 6, 2021

Newcastle United Jadi Klub “Terkaya” Setelah Dibeli Arab Saudi

Setelah resmi diakuisisi oleh Arab Saudi, Newcastle United pun resmi menjadi klub terkaya di Inggris.

Hal itu pun dipastikan usai konsorsium yang dimiliki Pangeran Arab Saudi, Muhammad bin Salman, dikabarkan telah resmi mengakuisisi Newcastle United.

Adalah Public Investment Fund (PIF), yang kabarnya telah resmi mengakuisisi 100 persen saham Newcstle United 100 persen dari pengusaha asal Inggris, Mike Ashley.

Penggemar Newcastle United kini berkumpul untuk merayakan pengambilalihan senilai £305m (sekitar Rp 5,9 triliun) oleh Arab Saudi pada Kamis (7/10).

Kesepakatan itu mengakhiri 14 tahun masa jabatan pengusaha Mike Ashley dan beralih ke konsorsium yang dinaungi oleh pangeran Saudi, Muhammad bin Salman (MBS) melalui Dana Investasi Publik (PIF).

”Tidak hanya menjadi klub terkaya di Liga Primer Inggris, dengan kepindahan kepemilikan ini, Newcastle United menjadi klub dengan pemilik terkaya sejagat. Kekayaan bersih PIF diketahui mencapai 320 miliar poundsterling,” tulis laporan Marca, Sabtu (9/10).

Di sisi lain, lembaga HAM Amnesty Internasional meminta pertemuan dengan otoritas Liga Inggris, Premier League terkait pembelian Newcastle United oleh MBS yang dinilai memiliki catatan buruk soal HAM. Mereka menganggap pembelian Newcastle itu sebagai bagian dari upaya perbaikan citra Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi itu atau yang biasa disebut sportwashing.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI