- Advertisement -

Pengertian Etnosentrisme, Menurut Para Ahli Lengkap Penyebab, Dampak dan Contohnya

Pengertian Etnosentrisme, Menurut Para Ahli Lengkap Penyebab, Dampak dan Contohnya. Berikut ini penjelasan lengkap dari Etnosentrisme mulai dari pengertian, pengertian menurut para ahli, penyebab, dampak dan contoh etnosentrisme.

Etnosentrisme adalah suatu persepsi yang dimiliki tiap individu yang menganggap bahwa kebudayaan yang mereka miliki lebih baik dari budaya lainnnya atau dapat dikatakan Etnosentrisme itu adalah fanatisme suku bangsa.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir Fajar Pendidikan dari laman Materibelajar.co.id, berikut ini penjelasan lengkap dari Pengertian Etnosentrisme, Menurut Para Ahli Lengkap Penyebab, Dampak dan Contohnya. Simak jelasnya di bawah ini……

Pengertian Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah suatu persepsi yang dimiliki tiap individu yang menganggap bahwa kebudayaan yang mereka miliki lebih baik dari budaya lainnnya atau dapat dikatakan Etnosentrisme itu adalah fanatisme suku bangsa.

Pengertian Lain, Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budayanya. Orang etnosentris menilai kelompok lain relatif pada kelompok dan kebudayaannya, khususnya jika berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan dan agama. Etnosentrisme ini mungkin terkadang tampak maupun tidak tampak, meskipun ini dianggap sebagai kecendrungan alamiah dari psikologi manusia.

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Halaman 93 94 95 97 98 Pembelajaran 6

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Adapun pengertian Etnosentrisme menurut beberapa para ahli yang mendalaminya adalah antara lain sebagai berikut

  • Sumner
    Menurut Sumner, pengertian etnosentrisme sebagai kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya untuk mementingkan diri sendiri, lebih unggul dari orang lain, dan menjadi seorang individualistik.Hal ini akan membuat hubungan yang bersifat antagonistik (pertentangan) dengan kebudayaan lain, akibat sikap yang berlebihan tanpa adanya pengontrolan.
  • Harris
    Dalam pandangan Harris, pengertian etnosentrisme adalah kecenderungan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain, sehingga hal ini mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional, seperti melakukan kekerasan, peperangan, tawuran, dan lain sebagainya.
  • Coleman  dan  Cressey
    Pengertian etnosentrisme adalah dari Coleman dan Cressey. Pendapat mereka, Arti etnosentrisme adalah seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lainnya.
  • Taylor, Peplau dan Sears
    Mereka berpendapat, Arti etnosentrisme merupakan sesuatu hal yang mengacu pada kepercayaan kelompok masyarakat, bahwa kebudayaannya selalu superior dari pada kebudayaan yang lain.
  • Hogg
    Selanjutnya, Menurut Hogg, Definisi etnosentrisme merupakan kegiatan yang melibatkan  atribusi  internal dan eksternal dalam kehidupan masyarakat.
BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 116 dan 118 Pembelajaran 2

Penyebab Timbulnya Etnosentrisme

Adapun faktor penyebab Etnosentrisme timbiul diantara masyarakat yaitu gaktor budaya politik dan pluralisme bangsa indonesia.

  • Budaya Politik

Ini merupakan faktor mendasar penyebab munculnya Etnosentrisme, Adapun budaya politik dari masyarakat cenderung tradisional dan tidak rasional. Budaya masyarakat tersebut tergolong budaya politik yang subjektif ikatan emosional dan ikatan primordial yang cenderung menguasai masyarakat Indonesia. Masyarakat yang terlibat di politik sering mementingkan kepentingan mereka sendiri mulai dari suku, etnis, agama dan lain sebagainya.

  • Pluralitas Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa dengan beragam suku, agama, ras dan golongan. Dengan adanya pluralitas tersebut banyak terjadi berbagai persoalan. Setiap suku, agama, ras dan golongan berusaha mendapatkan kekuasaan dan menguasai yang lain.

Dampak Etnosentrisme

Dampak positif dan dampak negatif adanya Etnosentrisme diantaranya:

  • Dampak Positif Etnosentrisme

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Adapun dampak positif dari Etnosentrisme yaitu:

  1. Dapat mempertinggi semangat pattriotisme.
  2. Dapat memelihara keutuhan dan stabilitas kebudayaan
  3. Dapat memepertinggi rasa cinta terhadap bangsa sendiri.
  • Dampak Negatif Etnosentrisme

Adapun dampak negatif dari Etnosentrisme yaitu:

Bagikan

BACA JUGA:

3 Contoh Kata Sambutan Lengkap, Keren Untuk Ketua Panitia Seminar dan Lainnya

3 Contoh Kata Sambutan Lengkap, Keren Untuk Ketua Panitia Seminar dan Lainnya, Kata sambutan sering digunakan untuk acara-acara formal maupun non formal. Ini merupakan...

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 6 SD Semester 1 & 2 Lengkap Kunci Jawaban

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 6 SD Semester 1 & 2 Lengkap Kunci Jawaban, Soal ini bisa menjadi referensi untuk teman-teman dalam mengerjakan latihan...

Pengertian Dialog Interaktif Lengkap Contoh Soal

Pengertian Dialog Interaktif Lengkap Contoh Soal, Dialog Interaktif adalah sebuah dialog atau perbincangan atau percakapan yang dilakukan pada sebuah acara di televisi atau radio...

Rumus Kecepatan dan Kelajuan : Pengertian, Contoh, Jenis, dan Rumus

Rumus Kecepatan dan kelajuan : Pengertian, Contoh, Jenis, dan Rumus. Dalam ilmu kinematika, kelajuan suatu obyek (simbol: v) adalah besarnya (magnitudo) kecepatan objek tersebut; Jadi,...

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2, Subtema 2 Pengalamanku di Sekolah, Pembelajaran 1 Halaman 69, 72, 73, dan 74

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2, Subtema 2 Pengalamanku di Sekolah, Pembelajaran 1...

POPULER

Beasiswa Sinar Mas 2023,  Dibiayai Penuh Selama Kuliah

Smart Agribusiness and Food kembali membuka pendaftaran Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023. Melansir dari laman resminya, Sabtu (7/1/2023), ada dua program beasiswa yang ditawarkan, yakni SMART...