spot_img
spot_img

Pengertian Gerak Lokomotor Lengkap dengan Contoh dan Penjelasannya

Gerakan berpindah tempat yang melibatkan bagian tubuh tertentu beranjak atau berpindah disebut Gerak Lokomotor.

Gerakan lokomotor merupakan dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar, pertumbuhan otot, daya tahan, serta stamina.

Unsur gerakan lokomotor pun dapat dikombinasikan, misalnya diantaranya kombinasi lari dan meluncur, kombinasi gerak jalan, lari, serta melompat.

- Advertisement -

Contoh Gerak Lokomotor

Gerak Lokomotor adalah gerakan berpindah tempat, beberapa contoh yakni berjalan, berlari, serta melompat yang adalah gerakan dasar manusia.

Berikut penjelasan contoh Gerak Lokomotor:

  1. Berjalan
    Berjalan merupakan aktivitas harian yang juga sebagai salah satu olahraga yang murah dan mudah.

    Gerakan dasar berjalan yaitu melangkahkan kaki kiri ke depan sambil mengayunkan tangan kanan ke depan.

    - Advertisement -

    Lalu kaki kanan melangkah ke depan serta tangan kiri mengayun ke depan, serta pandangan lurus ke depan.

  2. Berlari
    Berlari juga merupakan salah satu kegiatan olahraga yang mudah dan murah. Berlari adalah gerakan melangkahkan kaki dengan cepat yang di setiap langkahnya ke 2 kaki tidak menjejak tanah.

    - Advertisement -

    Pengertian tidak menjejak tanah yaitu saat berlari kedua kaki melayang di udara. Posisi waktu berlari yaitu siku ditekuk, tangan mengepal, badan condong ke depan, dan pandangan lurus ke depan.

  3. Melompat
    Melompat adalah satu gerakan menjauhi ke arah atas secara horizontal (ke arah depan, samping, atau belakang) menggunakan memakai otot-otot kaki.
  4. Berjingkat
    Berjingkat merupakan berdiri atau berjalan dengan ujung jari (kaki) yang berjejak. Berjingkat dalam olahraga juga mempunyai makna lompat bertumpu serta mendarat menggunakan kaki yang sama di angka lompat jangkit, lompatan pertama di lompat jangkit.
  5. Meloncat
    Gerakan meloncat merupakan galat satu jenis gerak keterampilan memproyeksikan tubuh serta melibatkan gerakan mendarat dan menolak tangan dengan menggunakan kedua kaki.
  6. Menderap
    Gerakan menderap artinya gerak berjalan yang dipadukan menggunakan lompat. Menderap bisa mengarah ke depan maupun ke belakang, serta dilakukan menggunakan dua kaki.
  7. Memanjat
    Memanjat adalah galat satu contoh gerakan lokomotor yang memindahkan tubuh ke atas serta ke bawah memakai kedua tangan dan kaki.

    Posisi anggota tubuh bagian atas bertugas menjaga tubuh supaya tidak jatuh.

  8. Merayap
    Gerakan merayap adalah gerak memindahkan tubuh dari tempat A ke B atau sebaliknya dengan posisi tubuh telungkup di bagian atas.
  9. Sliding/Meluncur
    Gerakan meluncur adalah gerakan melompat ke samping kanan atau kiri dengan satu kaki selalu berada di depan. kemudian posisi kedua kaki terbuka lebar.
  10. Berguling/rolling
    Gerakan berguling atau rolling merupakan gerakan berputar tanpa berhenti. Gerakan ini dapat dilakukan kedepan atau kebelakang maupun kesamping.
Baca Juga:  15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Lengkap

Bagikan:

REKONDASI UNTUK ANDA