Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap. Sosialisasi politik merupakan sebuah proses dengan mana individu-individu bisa memperoleh pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap-sikap terhadap sistem politik masyarakatnya.

Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik merupakan sebuah proses dengan mana individu-individu bisa memperoleh pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap-sikap terhadap sistem politik masyarakatnya.

- Iklan -

Namun, peristiwa ini tidak menjamin bahwa masyarakat mengesahkan sistem politiknya, sekalipun hal ini mungkin bisa terjadi. Sebab hal ini kemungkinan bisa menyebabkan pengingkaran terhadap legitimasi.

Baca Juga:  Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

Untuk menambah pemahaman kita mengenai pengertian sosialisasi politik, simaklah pendapap beberapa ahli mengenai definisi sosialisasi politik di bawah ini :

1. David F. Aberlee

Menurut David F. Aberlee, sosialisasi politik merupakan suatu pola yang menunjukkan aksi sosial atau segala aspek tingkah laku dimana pola ini ditanamkan kepada individu baik untuk keterampilan, ilmu pengetahuan, dan sikap yang perlu ditampilkan secara berkelanjutan dalam kehidupan manusia sejauh peranan yang baru dan penting untuk dipelajari.

Baca Juga:  Macam-Macam Gerak: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

2. Gabriel Almond (2000)

Menurut Gabriel Almond, Sosialisasi politik merupakan proses tempat sikap dan pola tingkah laku politik diperoleh atau dibentuk. Sosialisasi politik juga yaitu sarana bagi suatu generasi dalam menyampaikan patokan politik dan keyakinan politik pada generasi berikutnya.

- Iklan -

3. Efriza (2012: 17)

Menurut Efriza, Sosialisai politik merupakan bagian dari suatu proses sosial. Sosialisasi sendiri yaitu adalah suatu kegiatan pengajaran dan pendidikan yang dilakukan individu atau suatu kelompok kepada individu maupun kelompok lainnya yang berlangsung secara alamiah.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU