Penghormatan Dari Udara Sambut Pangdam Hasanuddin

FAJAR Pendidikan

Mayjend TNI Agus SB (kiri), dan Mayjend TNI Surawahad (kanan)

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Penghormatan dari atas udara mewarnai upacara penyambutan Pangdam Hasanuddin yang baru, Mayjen TNI Surawahadi, di lapangan Markas Kodam Hasanuddin yang dipenuhi setidaknya seribu lima ratus orang peserta upacara, Rabu (25/7/2018).

Tiga pesawat tempur jenis Sukhoy milik TNI AU terbang rendah melintas di atas lapangan Kodam Hasanuddin bertepatan dengan saat mantan XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus SB, menyampaikan pesan dan kesan pada upacara penerimaan Pangdam XIV Hasanuddin yang baru dan pelepasan mantan Pangdam.

Saat ke tiga pesawat Sukhoy tersebut terlihat dari lapangan terbang dari arah selatan ke utara, Mayjen TNI Agus SB berhenti sejenak menyampaikan pesannya karena suara pesawat itu yang menderu keras. Nanti setelah menghilang dari pandangan dan suara pesawat itu sudah berangsur hilang, mantan Pangdam itu melanjutkan penyampaian pesan dan kesannya.

Helikopter TNI AU terbang rendah, dan terlihat beberapa orang yang memberi kan penghormatan kepada Pangdam XIV Hasanuddin Mayjend TNI Surawahad

“Itu adalah ucapan selamat datang oleh TNI AU kita kepada bapak Pangdam Hasanuddin. Tepuk tangan untuk bapak Pangdam,” kata Mayjen TNI Agus SB menjelaskan soal pesawat terbang rendah itu sebagai isyarat memberikan sebuah penghormatan.

Mayjen TNI Agus SB yang berkesempatan pertama untuk berbicara menyampaikan pesan dan kesan dihadapan ribuan anggota TNI jajaran Kodam Hasanuddin mengatakan, ingin menyampaikan pesan yang sangat mendalam sehubungan dengan kebersamaannya dengan para prajurit jajaran Kodan Hasanuddin yakni pengabdian tanpa akhir dan setia hingga akhir yang telah ditunjukkan selama ini.

BACA JUGA :   Polres Bone Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Calon Tamtama Polri Tahun 2022

“Saya bisa menjadi seperti sekarang ini adalah karena kalian semua. Sehingga selama dua tahun lebih selama ini membuat saya lebih percaya diri. Saya sangat bangga kepada kalian semua, dan saya bangga kepada semua masyarakat Sulawesi,” kata Mayjen TNI Agus SB menyatakan kebanggaannya berkali-kali.

“Dan saya ingin berpesan kepada para prajurit dan keluarganya, pertama bahwa sehebat apapun seorang prajurit tapi dia adalah seorang manusia yang diciptakan oleh sang pencipta maka haruslah selalu bersyukur kepada sang penciptamu dengan menjalankan keyakinanmu masing-masing. Sebab itu adalah pondasi dasar manusia. Jalankan ajaran agamamu dengan baik dan benar. Agama adalah mengajarkan kedamaian. Jangan sampai kalian terpengaruh dengan ajaran yang tidak baik,” kata Mayjen TNI Agus SB berpesan.

“Dan kedua adalah, prajurit adalah lebih dari satu tingkat diatas dari pada manusia biasa. Maka prajurit itu berbeda dengan manusia yang lain, harus benar-benar disiplin dan professional. Dan yang ke tiga adalah kepala keluarga. Urus dengan baik keluargamu karena itu akan membawa semangat dalam mengabdikan diri kepada bangsa,” tambah Pati TNI yang dikabarkan akan dipromosikan menjadi Asintel Panglima TNI itu.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kreativitas, IGTKI Sinjai Gelar Lomba Menggambar
Helikopter Polairud Polda Sulsel juga memberikan penyambutan

Sementara Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, dalam sambutannya mengatakan jabatannya sebagai Pangdam Hasanuddin merupakan jabatan yang strategis, dan penuh tantangan, lebih dihadapkan tuntutan ke depan yang semakin kompleks sejalan dengan perkembangan jaman.

“Oleh sebab itu dukungan dan kerjasama dari seluruh staf dan prajurit serta PNS Kodam Hasanuddin dan juga masyarakat kiranya dapat terus ditingkatkan,” harap Pangdam Hasanuddin yang baru itu.

Usai upacara dilanjutkan dengan parade devile oleh seluruh kesatuan jajaran Kodam Hasanuddin.

Pada bagian akhir kegiatan itu, satu pesawat helikopter TNI AU terbang rendah dan berhenti beberapa saat diatas lapangan Makodam. Dari atas helicopter itu terlihat beberapa pajurit berdiri disamping pesawat memberi hormat dari atas udara kepada Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi.

Disusul kemudian satu helikopter dari Polairud Polda Sulsel melakukan manufer yang sama. Dari atas udara terlihat beberapa personil Polri berdiri di samping pesawat memberikan hormat selama beberapa saat sebelum terbang dan menghilang. (iskandar)

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA