ADV A1

Penyebab Kenapa Air Laut Asin, Siswa Wajib Tahu

Air laut memang berasal dari air hujan. Namun, bukan berarti air hujan tersebut sudah terasa asin terlebih dulu.

FAJAR Pendidikan

Kenapa air laut asin? Kamu pasti pernah berkunjung ke pantai untuk berlibur bersama keluarga. Ketika di pantai, pernahkah kamu berenang dan secara tidak sengaja meminum air laut? Bagaimana rasanya? Pasti akan terasa asin.

Pasti kamu berpikir bahwa air laut tersebut memiliki banyak sekali kandungan garam hingga terasa asin di lidah. Meskipun air laut juga berasal dari air hujan, bukan berarti air hujan tersebut juga terasa asin.

Nah, biar makin jelas, coba kamu baca penjelasan dibawah ini!

Penyebab Kenapa Air Laut Asin

Air laut memang berasal dari air hujan. Namun, bukan berarti air hujan tersebut sudah terasa asin terlebih dulu.

Air hujan yang turun akan mengalir ke sungai- sungai. Air sungai ini pada akhirnya akan berakhir di laut. Sepanjang perjalanan air ini menuju laut, mereka membawa berbagai garam mineral, seperti kalsium, kalium, natrium, dan lain sebagainya.

Berbagai garam mineral tersebut didapatkan dari berbagai macam hal, seperti batu – batuan atau kerak bumi yang dilalui selama air tersebut mengalir menuju laut. Setelah itu, air akan mengalami penguapan dan menjadi awan. Sedangkan garam mineral ini akan tertinggal dan inilah yang pada akhirnya menjadi penyebab kenapa air laut asin.

BACA JUGA :   5 Fakta Menarik Sungai Aaere, Warna Hijau Tosca

Awan hasil penguapan tadi kemudian akan menurunkan hujan, dan kembali mengulang proses tersebut selama jutaan tahun.

Melalui Daratan

Rasa asin pada air laut juga bisa dipengaruhi oleh daratan. Ketika terjadi hujan di daratan, air akan masuk ke dalam tanah sedikit demi sedikit. Ketika tanah sudah penuh dan tidak dapat menampung lagi, maka air akan keluar sedikit demi sedikit melalui sungai, dan akhirnya sampai ke laut.

Daratan yang mengandung cukup banyak garam dan juga mineral, akan memberikan dampak pada aliran air yang menuju laut, sehingga dapat mempengaruhi rasa pada air laut. Inilah penyebab lain kenapa air laut asin.

Vulkanisme

Aktivitas vulkanisme yang terjadi di bawah laut dan letusan gunung berapi yang berada di bawah air juga dapat menjadi penyebab kenapa air laut asin. Dalam prosesnya, air laut yang bereaksi dengan batu panas akan melarutkan beberapa mineral garam. Beberapa garam yang terlarut bereaksi dengan batu yang panas dan terpisah dari air.

BACA JUGA :   Kota Bawah Tanah Ditemukan di Turki, Ini Kisahnya

Konsentrasi Kadar Garam di Laut

Konsentrasi garam dalam air laut pun bervariasi, tergantung pada suhu, penguapan, dan presipitasi. Salinitas, atau kadar garam, pada air laut umumnya lebih rendah di daerah khatulistiwa dan kutub, dan bisa menjadi tinggi pada daerah di pertengahan garis lintang.

Di dunia ini, terdapat laut yang memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Laut tersebut berada di kawasan antara Palestina dan Yordania. Laut yang bernama Laut Mati ini memiliki kadar garam yang sangat tinggi dibandingkan dengan kadar garam pada air laut pada umumnya.

Karena kadar garam yang sangat tinggi, Anda hanya akan mengapung jika mencoba berenang di sana.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI