ADV A1
ADV B1

Penyebab Menstruasi Lama Bahkan Lebih Dari Seminggu, Simak Penjelasannya!

FAJAR Pendidikan

Menstruasi biasanya berlangsung antara tiga hingga tujuh hari. Periode menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari dianggap sebagai periode yang panjang. Terdapat sejumlah penyebab menstruasi lama ini.

Dalam dunia medis, menstruasi lama ini dikenal juga dengan istilah menoragia. Seseorang juga bisa didiagnosis dengan menoragia jika mengalai pendarahan hebat yang tidak biasa meski berlangsung kurang dari satu minggu.

Berikut penyebab menstruasi lama:

1. Perubahan hormon dan ovulasi

-ADV C2 -

Perubahan hormon atau ovulasi dapat menyebabkan menstruasi yang lama. Saat hormon tidak normal, tubuh tidak berovulasi pada waktu yang seharusnya. Kondisi ini bisa menyebabkan menstruasi berikutnya berlangsung lebih lama.

2. Obat-obatan

-ADV C3 -

Sejumlah obat-obatan juga bisa membuat haid lebih panjang misalnya konsumsi pil KB, aspirin, d an obat anti-radang.

3. Fibroid atau polip rahim

Fibroid dan polip rahim dapat menyebabkan perdarahan yang berkepanjangan. Fibroid terjadi ketika jaringan otot mulai tumbuh di dinding rahim.

BACA JUGA :   Urutan dan Cara Pemakaian Benings Skincare by dr. Oky Pratama Malam Hari
-ADV C4 -

Sedangkan polip merupakan hasil dari pertumbuhan jaringan yang tidak teratur di dalam rahim dan menyebabkan tumor kecil tumbuh.

Umumnya, baik fibroid maupun polip tidak bersifat kanker.

4. Adenomiosis

Adenomyosis adalah jenis lain dari penumpukan jaringan. Kondisi ini terjadi ketika endometrium atau lapisan rahim, menempel ke dalam otot-otot rahim. Kondisi ini menyebabkan menstruasi yang lebih lama.

5. Kondisi tiroid

Gangguan tiroid seperti hipotiroidsime dapat memengaruhi hormon sehingga membuat menstruasi lebih lama.

6. Kondisi darah

Kemampuan tubuh untuk menggumpalkan darah juga dapat menyebabkan menstruasi yang lama. Beberapa kondisi yang berkaitan dengan penggumpalan darah diantaranya hemofilia dan penyakit von Willebrand.

7. Kegemukan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan periode yang lama. Hal ini terjadi karena jaringan lemak dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak estrogen. Kelebihan estrogen dapat menyebabkan perubahan pada menstruasi.

BACA JUGA :   Urutan dan Cara Pemakaian Benings Skincare by dr. Oky Pratama Pagi Hari

8. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul terjadi ketika bakteri menginfeksi organ reproduksi Selain perubahan siklus menstruasi Anda, penyakit ini juga dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal.

9. Kanker

Periode yang berkepanjangan mungkin merupakan tanda kanker di rahim atau leher rahim. Pada beberapa wanita, ini adalah salah satu gejala paling awal dari kanker.

10. Kehamilan

Meskipun tidak bisa dibilang menstruasi, pendarahan saat waktu haid yang panjang juga dapat menjadi tanda kehamilan.

Itulah penyebab menstruasi lama. Jika Anda mengalami haid yang panjang, periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI