Perdana, S3 PWK Unibos Tes Calon Mahasiswa Baru 2019

Suasana calon mahasiswa baru S3 PWK mengerjakan soal tes tertulis.[Foto:/Ist.]

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Setelah diberi izin untuk membuka Program Studi Doktor (S3) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) pada Desember 2018 lalu, kini Program Pascasarjana Universitas Bosowa (Unibos) gelar tes penerimaan calon mahasiswa baru, Minggu, 28 April 2019.

Dilaksanakan di ruang kelas pascasarjana lantai 9 gedung II Unibos, tes tertulis termasuk Tes Potensi Akademik dan TOEFL tersebut diikuti 13 peserta yang telah lolos dalam tahapan seleksi berkas sebelumnya.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru yang lulus dalam tahapan kedua ini akan kembali mengikuti tes penalaran bidang kePWKan, interview riset desain seperti persiapan topik kajian dan ujian komisi doktoral yang akan diuji oleh para tenaga pengajar pascasarjana Unibos yakni, Dr Murshal Manaf, Dr Syafri, Prof Batara Surya dan Prof A Muhibuddin.

Suasana calon mahasiswa baru S3 PWK mengerjakan soal tes tertulis.[Foto:/Ist.]
Suasana calon mahasiswa baru S3 PWK mengerjakan soal tes tertulis.[Foto:/Ist.]
Ketua Program S3 PWK Unibos, Dr Murshal Manaf menuturkan hal yang ingin dicapai dalam pelaksanaan tes pertama untuk S3 PWK Unibos.

“Kami menargetkan untuk ajaran baru 2019 dan untuk proses akademik pertama di S3 PWK Unibos agar menerima maksimal dua kelas. Dimana satu kelas itu berjumlah 10 orang. Dan ini berbeda dengan tes pada S1 ataupun S2 karena disini para calon tidak hanya diuji dari kepiawaian dalam kemampuan belajar tetapi juga bagaimana kemampuan pengembangan riset dan kemampuan dari psikis dalam menghadapi proses ini,” ungkapnya.

Baca Juga :   Mahasiswa FKM Unhas Ikut Simulasi Konfrensi United Nation di Malaysia

“Ini sesi pertama. Sesi kedua untuk penerimaan Maba S3 akan dilakukan dibulan oktober mendatang. Jika hasil tes tidak memenuhi syarat, tentunya peluang lulus juga kecil,” tambahnya. (FP)