Politeknik Bosowa: Daftar Program Studi dan Akreditasinya

Didirikan oleh Bosowa Corporation sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui bidang Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan dan Bantuan Sosial.

Bosowa percaya bahwa Sumber Daya Manusia adalah aset yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia.

Karena itu, pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan telah menjadi prioritas utama.

- Iklan -

Di Bosowa, program pengembangan dan manajemen sumber daya manusia mengikuti standar Internasional pengembangan SDM, agar terciptanya tenaga kerja yang professional, berdedikasi dan terpercaya.

Pelaksanaan Corporate Social Responsibilities sejalan dengan Misi Bosowa Corporation, yaitu menjadi berkat bagi masyarakat Indonesia dengan semangat kepeloporan ekonomi Wilayah Indonesia Timur.

Hal inilah yang melandasi komitmen Bosowa untuk menjadi warga usaha yang baik dengan selalu memberi perhatian yang besar terhadap isu-isu pendidikan, sosial dan lingkungan.

- Iklan -

Dan untuk mewujudkan kepedulian tersebut Bosowa Corporation mendirikan Politeknik Bosowa (Poltekbos) sebagai sumbangsih kepada masyarakat Indonesia.

Visi Misi Politeknik Bosowa

Visi

“Menjadi lembaga pendidikan politeknik unggul yang menghasilkan karya inovatif, sumber daya manusia, dan insani yang ahli dan terampil, serta dapat bersaing secara global.”

- Iklan -

Misi

Agar visi tersebut dapat tercapai, maka Politeknik Bosowa membuat misi yang ditetapkan dalam Surat Pengesahan Direktur No. 0001/STD-PBSW/X-2013. Misi Politeknik Bosowa adalah :

  1. Menyelenggarakan tridharma pergurun tinggi bidang vokasi yang berkualitas
  2. Mengembangakan penciptan karya nyata bidang ilmu pengetahuan, teknologi terapan dan seni yang inovatif serta bermanfaat dan membawa berkah bagi masyarakat melalui sistem tata kelola dan akuntabel
  3. Membina dan menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, entrepreneur, berahlak mulia secara sistematik dan berkesinambungan.

Akreditasi Politeknik Bosowa

  • Perguruan Tinggi: Politeknik Bosowa
  • No. SK: 971/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2020
  • Tahun SK: 2020
  • Akreditasi: Baik
  • Tanggal Kedaluwarsa: 2025-11-24

Daftar Program Studi di Politeknik Bosowa

Program Studi Perawatan & Perbaikan Mesin

Program Studi (Prodi) Perawatan dan Perbaikan Mesin tersedia untuk jenjang Diploma Tiga (D3) serta telah terakreditasi dengan predikat “Baik”.

Prodi Perawatan dan Perbaikan Mesin berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan kompeten di bidang perawatan dan perbaikan mesin, mempunyai kejujuran, disiplin tinggi, etos kerja, mandiri, bertanggung jawab, dan berwawasan kewirausahaan, yang mampu;

  1. Membangun sistem perawatan mandiri pada peralatan produksi,
  2. Menguasai alur perawatan mesin,
  3. Mengoperasikan mesin-mesin perkakas (frais, bubut, bor dan las) untuk pembuatan komponen mekanik,
  4. Menggambar teknik, baik manual maupun CAD,
  5. Memahami konstruksi mekanik pada mesin perkakas dan peralatan mekanikal,
  6. Menerapkan prinsip dasar kewirausahaan dan mengembangkan jiwa enterpreneur.
Baca Juga:  IAIN Bone kembali 'Panen' Guru Besar, Kini Total 9 Gubes

Program Studi Teknik Mekatronika

Program Studi (Prodi) Teknik Mekatronika tersedia untuk jenjang Diploma Tiga (D3) serta telah terakreditasi dengan predikat “Baik”.

Mekatronika merupakan suatu disiplin ilmu teknik yang mengkombinasikan sinergi dari teknik mesin, elektronika dan teknik komputer yang seluruhnya dipadukan untuk melakukan pembuatan produk seperti mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja optimal.

Mekatronika memiliki keunggulan;

  1. Memiliki kemampuan dalam perakitan, penginstalan (hardware and software), pengoperasian, aplikasi sistem, monitoring dan repairing, serta pemeliharaan peralatan sistem kontrol berbasis elektronika, PLC, hidrolik, pneumatik, kelistrikan dan aplikasi mikrokontroller,
  2. Memiliki kemampuan dalam proses permesinan serta menerapkan prosedur pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika, mesin, dan sistem otomasi,
  3. Memahami prinsip penerapan mutu standar operasional prosedur, keselamatan dan kesehatan kerja,
  4. Memiliki kemampuan beradaptasi, bersosialisasi, bekerja sama secara mandiri maupun berkelompok di dalam lingkungan kerja dan masyarakat, dan
  5. Memiliki kemampuan menciptakan peluang kerja mandiri dengan menerapkan prinsip dasar kewirausahaan.

Program Studi Teknik Listrik

Program Studi (Prodi) Teknik Listrik tersedia untuk jenjang Diploma Tiga (D3) serta telah terakreditasi dengan predikat “Baik”.

Merupakan bidang ilmu profesional yang mempelajari kelistrikan, yang menjadikan mahasiswa mampu;

  1. Menggunakan berbagai alat ukur listrik,
  2. Merancang dan memasang instalasi listrik tegangan rendah,
  3. Memahami motor listrik (AC dan DC),
  4. Menguasai perancangan kontrol industri (PLC),
  5. Menguasai perancangan program dan sistem mikrokontroller kelistrikan,
  6. Merancang sistem SCADA, dan
  7. Mendesain sistem kelistrikan (instalasi listrik), serta perhitungan beban pada instalasi listrik rumahan maupun gedung bertingkat).

Program Studi Perhotelan

Prodi Perhotelan menyediakan pendidikan vokasi berkualitas yang telah terakreditasi “B” BAN PT.

Pendidikan yang memberikan 70% praktek dan 30% teori ini dibawakan oleh dosen dari kalangan akademisi dan praktisi.

Baca Juga:  BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

Dari kalangan akademisi, dosen-dosen Prodi Perhotelan merupakan lulusan S2 dari kampus-kampus ternama di dalam dan luar negeri, yaitu: STP Trisakti Jakarta, STP Sahid Jakarta, Universitas Udayana Bali, Universitas Telkom Bandung dan Otto von Guericke Universitaet in Madgeburg Jerman.

Dari kalangan praktisi, Politeknik Bosowa menghadirkan Supervisor hingga General Manager dari hotel-hotel berbintang dan alumni-alumni yang telah sukses di bidang Perhotelan dan Pariwisata.

Praktik dilakukan di kampus dan hotel bintang 4 dan 5 milik Bosowa, yaitu Hotel Aryaduta, Makassar dan Novotel Hotel Grand Shayla City Centre.

Praktik harian di Hotel berbintang akan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dan keterampilan terkait perhotelan.

PPI (Program Praktik industri) atau magang dilakukan di dalam dan luar negeri.

Saat PPI di luar negeri, mahasiswa memperoleh fasilitas apartemen yang dilengkapi kolam renang, gym, home theatre, dan berbagai fasillitas lainnya.

Hal yang paling menarik dari PPI mahasiswa Perhotelan adalah, setiap bulan mereka akan memperoleh gaji dari hotel di luar negeri yang menjadi tempat mereka magang.

Mahasiswa yang lembur di hotel akan mendapatkan tambahan gaji per jamnya.

Sebagai satu-satunya Program Studi di Politeknik Bosowa yang menyediakan program PPI di luar negeri, Program Studi Perhotelan menjadi pilihan terbaik untuk membangun karir internasional.

Program Studi Perpajakan

Program Studi (Prodi) Perpajakan tersedia untuk jenjang Diploma Tiga (D3) serta telah terakreditasi dengan predikat “Baik”.

Program Studi Perpajakan merupakan salah satu program studi non-teknik di Politeknik Bosowa.

Didirikan sejak 2012, dan saat ini sudah menerima mahasiswa sebanyak enam angkatan. Alumni Prodi Perpajakan telah diterima di beberapa instansi pemerintah dan swasta.

Kompetensi lulusan prodi ini yakni;

  1. Mampu menghitung dan melapor semua jenis pajak (Pph OP dan Badan, PPN, PPnBM, Pajak Daerah, dan bea Cukai) baik secara manual maupun bantuan komputer),
  2. Mampu menyusun laporan keuangan fisikal untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur,
  3. Mampu mempraktekkan semua tahapan proses akuntansi keuangan perusahaan jasa, dagang dan manufaktur, baik secara manual maupun bantuan komputer.
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU