Poltekbos Gandeng SMKN 1 Gowa, Beri Edukasi Robotika

FAJAR Pendidikan

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Negeri 1 Gowa, Senin 20 Juni 2022.

Kegiatan ini diusung sebagai wujud penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk mendukung program pemerintah guna memajukan pendidikan vokasi.

Gelaran yang diikuti sebanyak 30 peserta berasal dari jurusan elektronika mendapat pelatihan Robot Avoider.

Robot avoider yang diperkenalkan merupakan robot halang rintang yang menggunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi penghalang, sehingga saat ada penghalang, robot bisa diperintahkan untuk berhenti atau berbelok.

BACA JUGA :   UNM Akan Gelar Wisuda Luring Pertama Pasca Pademi Covid-19

Ketua Program Studi Teknik Mekatronika, Andi Fitriati menuturkan jika robot yang dibuat menggunakan arduino sebagai pengenalan awal yang memudahkan siswa.

“Pelatihan tersebut kita gelar untuk mengedukasi siswa-siswi menguasai perkembangan teknologi, apalagi saat ini yang berkembang pesat adalah robotika, sehingga secara otomatis mereka harusnya memahami teknologi tersebut supaya tidak tertinggal,” tuturnya.

Para siswa pun nampak antusias mengikuti pelatihan dengan didampingi para instruktur.

Tak hanya itu, terlihat Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gowa juga sepakat untuk dilakukan kerja sama berkelanjutan dengan Poltekbos.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 30 Gelar Seminar Awal

Selanjutnya, pelatihan akan dilaksanakan ditempat yang sama dengan tema setingkat lebih tinggi dari pelatihan ini, yakni pelatihan robot avoider berbasis IoT.

Fitriati berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan siswa SMKN 1 gowa secara umum dan memperkenalkan Politeknik Bosowa khususnya Prodi Teknik Mekatronika.

“Kita berharap, melalui kegiatan ini akan semakin banyak masyarakat yang paham akan teknologi robot dan tidak asing lagi terhadap keberadaan robot, serta dapat tertarik menekuni lebih lanjut,” harapnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI