Departemen Epidemiologi FKM Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Bira Kabupaten Bulukumba

FAJAR Pendidikan

Sebagai bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat dalam menghadapi tantangan masalah kesehatan berupa Penyakit Tidak Menular (PTM).

Peningkatan kesadaran ini berupa kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan pencegahan secara dini untuk meminimalisir risiko kejadian penyakit.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait faktor risiko PTM di masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bira, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba pada tanggal 11 Juni 2022 meliputi kegiatan skrining Penyakit Tidak Menular PTM) berupa wawancara faktor risiko, pengukuran antropometri berupa berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, kadar asam urat, dan kadar kolesterol yang dilanjutkan dengan penyuluhan pencegahan faktor risiko PTM serta senam sehat bersama warga Desa Bira.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III Posko 18 FKM Unhas di Desa Bontokassi Gelar Seminar Sosialisasi

Ketua Departemen Epidemiologi Dr. Wahiduddin, SKM M.Kes menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejak dini penyakit PTM yang diderita oleh masyarakat di Desa Bira dan faktor risiko yang memengaruhinya.

Kegiatan ini, melibatkan dosen dan staf Departemen Epidemiologi diantaranya Prof. Dr.drg. Andi Zulkifli, M.Kes, Ansariadi, SKM, MScPH PhD, Ryza Jasid Baharuddin Nur, SKM, MKM, Werda Murti, SKM, Muh. Arman Nyomba, SKM dan Suriani. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Epidemiologi (Himapid) FKM Unhas sebanyak 38 orang.

BACA JUGA :   Rektor UNM Kukuhkan Prof Karta Jayadi Sebagai Guru Besar ke 99

Kepala Desa Bira Murlawa, SE, dalam sambutannya mewakili warganya juga menyampaikan terima kasih atas kegiatan pengabdian masyarakat yang berlokasi di desa mereka.

Karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat untuk bisa mengetahui sejak dini apakah mereka memiliki risiko untuk menderita penyakit melalui beberapa pemeriksaan dan penyuluhan dalam hal pencegahan pada penyakit tidak menular tersebut khususnya PTM seperti Diabetes Melitus, Hipertensi, dan Penyakit Jantung.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI