Pra-MPLS, Kepsek SMP Islam Athirah 1 Makassar Sambut Hangat Peserta Didik Baru

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Tahun ajaran baru telah dimulai. Kondisi yang masih pandemi, akhirnya harus membuat segala pelaksanaan kegiatan di tahun ajaran baru diadakan secara virtual. Termasuk Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Segala hal tentang sekolah mulai dari tata tertib hingga ruangan yang kelak akan digunakan akan diperkenalkan melalui virtual. Persiapan pembelajaran virtual saat ini lebih terencana, karena pihak sekolahpun telah belajar dari pengalaman belajar online selama empat bulan. Hampir semua sekolah mengadakan MPLS secara virtual.

SMP Islam Athirah 1 Makassar rencananya akan menggelar MPLS pada hari Senin mendatang. MPLS akan diadakan selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 20 Juli hingga 22 Juli.

“Hari ini diadakan Pra MPLS agar para peserta didik telah siap untuk menyambut MPLS di hari senin. Pra- MPLS dihadiri oleh seluruh siswa baru di SMP Islam Athirah Makassar melalui virtual dengan memanfaatkan aplikasi video konferensi Zoom” ujar Ketua Panitia MPLS Titi Mirawati, S.Pd., M.Pd.

BACA JUGA :   Anies Jadi Sopir MikroTrans, Sidak atau Ingin Lebih ''Dekat''?

Pada Pra MPLS tersebut dipaparkan berbagai hal yang akan dilakukan selama tiga hari MPLS. Mulai dari jadwal kegiatan MPLS, tata tertib selama melaksanakan MPLS secara virtual, barang yang perlu disiapkan, aturan pakaian, serta pembagian gugus dan juga pengenalan pendamping gugus dari pihak osis danjuga pendamping gugus guru. Pendamping gugus siswa merupakan peserta didik yang tergabung dalam OSIS dan MPK. para pendamping siswa ini yang akan mendampingi selama proses MPLS secra virtual. Sedangkan pendamping gugus guru memantau proses MPLS di gugus masing-masing. Selain itu, pendamping gugus guru menjadi juga yang akan berkomunikasi dengan orang tua setiap gugus yang didampinginya.

Dalam pra MPLS ini, peserta didik didampingi oleh orang tuannya. Hal ini agar peserta didik lebih dapat memahami penyampaian panitia MPLS. Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Nilamartini, S.Pd. terlihat menyapa dengan hangat peserta didik baru beserta oran tua. “Selamat datang para peserta didik baru, terima kasih kepada orang tua yang telah bersedia menjadi mitra kami dan mempercayakan anaknya untuk didik di SMP Islam Athirah Makassar. Kami mengatakan mitra, karena kita akan bersama-sama untuk mengawal dan mendidik anak-anak” tuturnya.

BACA JUGA :   Anies Jadi Sopir MikroTrans, Sidak atau Ingin Lebih ''Dekat''?

Di akhir kegiatan, Ketua Pantia MPLS Titi memberikan kesempatan kepada peserta didik dan orang tua untuk menanyakan seluruh teknis yang telah disampaikan. Rata-rata peserta didik menanyakan tentang ketentuan pemakaian baju bebas. Hal ini merupakan hal baru bagi peserta didik yang baru bergabung di SMP Islam Athirah Makassar. Namun bukan hal yang baru bagi peserta didik yang berasal dari SD Islam Athirah Makassar. Titi juga memberikan nomor telepon kepada orang tua, jika seandainya masih ada pertanyaan di luar forum pra MPLS.

Laporan: Musyorafah, S.S.

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA