Saturday, September 26, 2020

Prof Hamdan Juhannis Apresiasi Alumni UIN Alauddin Peraih Beasiswa S2 Qatar Foundation

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Adalah Darul Ma‘arif Asry, alumni UIN Alauddin Makassar jurusan Tafsir Hadis yang meraih beasiswa S2 dari Qatar Foundation, kini Ia tengah menjalani studinya di Hamad bin Khalifa University (HBKU) Doha, Ibu Kota negara Qatar.

Darul yang kembali ke Indonesia karena pandemi Covid-19, menyempatkan waktu bersilaturahmi dengan Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis, Selasa, 4 Agustus 2020.

Di sela-sela kesibukan memantau jalannya UM-PTKIN 2020 yang digelar secara daring, Prof Hamdan menyambut kehadiran Darul dan menyampaikan apresiasi atas keberhasilannya meraih beasiswa bergengsi dari negara petro dollar tersebut.

“Capaian nanda ini harus menjadi virus positif yang disebarkan ke mahasiswa-mahasiswa lain, juga pada para fresh graduate kampus kita,” harap Guru Besar Sosiologi UIN Alauddin tersebut.

Sementara itu, Darul yang diminta untuk menjelaskan perihal beasiswa yang diperolehnya menjelaskan bahwa beasiswa full yang ditawarkan Qatar Foundation dengan seleksi ketat untuk para international students mencakup akomodasi, transportasi (lokal dan international) dan uang saku.

“Beasiswa ini saya dapatkan setelah mengikuti seleksi berkas secara online dan wawancara melalui sambungan telepon dengan profesor dari jurusan yang dipilih,” terang Darul.

Saat ditanya tentang tentang iklim belajar di kampusnya kini, Darul yang juga alumni Student Mobility Program Australia dari Dirjen Pendis Kemenag RI tahun 2015, mengungkapkan bahwa jurusan Islamic Studies yang ia pilih menggunakan multidisciplinary approach.

Menariknya, sambung Darul, karena Islamic Studies di Universitas Hamad bin Khalifa menggabungkan khazanah klasik Timur Tengah dengan metodologi Barat yang didukung oleh dosen-dosen lulusan dari Timur Tengah dan Barat.

Sebagai alumni pertama UIN Alauddin yang memperoleh beasiswa Qatar Foundation, Darul berharap agar mahasiswa terus gigih mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, baik persiapan nilai akademik, pengalaman organisasi, publikasi hingga sertifikat bahasa international.

Kemudahan informasi di era digital, tambah Darul, adalah peluang sangat besar bagi generasi muda kampus peradaban untuk mengakses informasi beasiswa dari segala penjuru dunia.

Bahkan, bagi yang tidak diizinkan oleh orang tua untuk keluar negeri, beberapa kampus sudah membuka jurusan-jurusan tertentu dengan metode belajar jarak jauh (distance learning).

“Makanya tidak ada lagi alasan untuk tidak menambah ilmu dengan hadirnya kemudahan-kemudahan yang diberikan dunia digital, apapun jurusan yang diingingkan,” tutupnya.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Kampanye Germas di Era Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto dan Mahasiwa Magang Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat, melakukan kegiatan...

Terbaik di Indonesia Timur, Komitmen Pemda Barru dalam Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - 'Paritrana' adalah bahasa sansekerta yang bermakna perlindungan, Tidak banyak daerah yang memiliki progresivitas dalam memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja...

Bupati Suardi Sebut Keistimewaan Profesi Bidan di Muscab IBI Cabang Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id -Musyawarah cabang ketujuh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Barru, digelar di Gedung Tower Kantor Bupati Barru dan dibuka oleh Bupati...

Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru MadrasahPeluncuran Garda Kagum KemenagKab. Barru - Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan...

DPK Sulsel Gelar Bimtek Perpustakaan untuk Peningkatan Performance Pengelola Perpustakaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh Hasan Sijaya, S.H., M.H membuka acara Bimbingan Teknis Perpustakaan Angkatan...

REKOMENDASI