Profil dan Biodata Ricardinho, Pemain Terbaik Dunia Rekrutan Pendekar United

FAJAR Pendidikan

Profil Ricardinho si CR7-nya futsal, pemegang enam kali permain terbaik dunia futsal yang gabung Pendekar United akan dibahas pada artikel ini. Sebagaimana diketahui, salah satu klub futsal Indonesia, Pendekar United baru saja mendatangkan pemain bintang futsal dari Portugal, yaitu Ricardinho.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Ricardinho dalam Instagram pribadinya pada Senin (6/6/2022). Ia pun dikabarkan meneken kontrak jangka pendek di Pendekar United selama tiga bulan. Kedatangan Ricardinho untuk bermain di Tanah Air, tentu cukup mengejutkan.

Pasalnya, Ricardinho merupakan salah satu bintang futsal dunia. Pria bernama lengkap Ricardo Filipe da Silva itu lahir pada 3 September 1985. Ia lahir di Valbom, sebuah daerah yang berada di Kota Porto, Portugal.

Kendati demikian, karier futsal Ricardinho sendiri justru dimulai ketika ia bermain untuk salah satu klub asal Lisbon, yaitu Benfica. Di klub tersebut Ricardinho bermain selama tujuh tahun (2003-2010) di periode pertama.

Ia memulai karier saat usianya 18 tahun. Baru satu tahun berkarier di Benfica, ia berhasil meraih double winner. Ketika itu menyabet gelar Liga Futsal Portugal dan Piala Futsal Portugal pada musim 2004-2005.

BACA JUGA :   4 Pemain Muda yang Melegenda di Piala Dunia

Dari situ ia terus memperlihatkan kemampuannya di lapangan. Bersama Benfica ia kembali mempersembahkan gelar Liga Futsal Portugal. Adapun total sudah lima gelar yang ia torehkan di Benfica.

Termasuk gelar juara musim 2004-2005, Ricardinho sudah meraih juara pada musim 2006-2007, 2007-2008, 2008-2009, dan 2011-2012. Bersama Benfica, Ricardinho bukan hanya sukses meraih gelar juara.

Namun, ia berhasil menyabet sejumlah gelar individu. Adapun titel individu pertama Ricardinho diraih pada musim 2006-2007. Saat itu, ia sukses jadi pemain terbaik dan top skor Liga Futsal Portugal. Kemudian pada 2010, ia pun berhasil terpilih menjadi pemain terbaik dunia.

Tujuh tahun bermain di Portugal, ia mencari peruntungan baru di Jepang. Pada 2010-2013 ia bermain untuk Nagoya Oceans.

Di Jepang ternyata Ricardinho tak sulit beradaptasi. Buktinya, ia bisa memberi dua gelar Liga Futsal Jepang dan dua trofi Piala Futsal Jepang.

Akan tetapi ketika meneken kontrak di Nagoya Oceans, Ricardinho sempat dipinjamkan ke dua klub berbeda, yaitu CSKA Moskow (2011) dan Benfica (2011-2012). Di periode keduanya di Benfica, ia pun berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Portugal.

BACA JUGA :   4 Pemain Muda yang Melegenda di Piala Dunia

Setelah berkelana di Portugal dan Jepang, ia memutuskan bermain di Liga Futsal Spanyol, bersama Inter Movistar. Ia bergabung di Inter Movistar selama tujuh tahun (2013-2020).

Sejumlah trofi dipersembahkan Ricardinho untuk Inter Movistar. Kariernya pun makin menanjak saat bermain di Spanyol.

Hal itu dibuktikan dengan raihan titel pemain terbaik futsal yang ia raih selama empat tahun beruntun (2014-2018). Puas di Spanyol, ia bergabung dengan klub Prancis, ACCS selama dua tahun (2020-2022).

Di ACCS ia justru bermain di divisi kedua Liga Futsal Prancis. Hebatnya di ACCS ia berhasil membantu ACCS naik ke kasta teratas Liga Futsal Prancis, usai jadi juara pada 2021-2022.

Tak hanya di klub, bersama Timnas Futsal Portugal pun ia banyak berkontribusi. Pada 2018, ia mengantarkan Portugal kampiun Piala Futsal Eropa 2018. Kemudian, ia juga membawa Portugal juara Piala Dunia Futsal 2021.

Dikenal memiliki segudang prestasi, mampukah Ricardinho membawa Pendekar United berjaya di Liga Futsal Profesional Indonesia? Tentu ini jadi hal yang menarik untuk diikuti perkembangannya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI