Senin, Desember 6, 2021

Rasa Malas Dapat Menular Kepada Orang Lain, lho

Bila kamu punya temanĀ  yang sedang dihinggapi rasa malas, kamu sebaiknya tidak mendekatinya. Kenapa? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para psikolog dari French National Institute of Health and Medical Research mengungkapkan bila kemalasan dapat menular kepada orang lain, lho.

Yup, tidak hanya kemalasan, ketidaksabaran, dan sikap skeptis juga bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Dalam proses penelitiannya, para peneliti, yakni Kak Marie Devaine dan Kak Jean Daunizeau melibatkan 56 partisipan dan meminta kepada mereka untuk menyelesaikan beberapa tugas yang dapat menguji ketiga sifat tersebut.

Dalam tugas pertama, partisipan diminta menggenggam sebuah alat. Semakin kuat genggaman mereka, semakin besar juga hadiah yang akan didapatkan.

Tugas kedua mengharuskan partisipan untuk memilih antara hadiah kecil setiap tiga hari atau hadiah besar setelah setahun menunggu.

Tugas yang terakhir, partisipan boleh memilih antara hadiah kecil dengan kemungkinan mendapatkannya sebesar 90 persen atau hadiah besar yang kemungkinan mendapatkannya hanya 10 persen.

Ketiga tugas ini dilakukan secara berulang. Sebelum dikerjakan oleh para peserta, peneliti memberitahu mereka hasil dari partisipan lainnya yang sudah melewati tugas tersebut.

Hasil penelitian yang diunggah dalam jurnal PLOS Computational Biology ini mengungkapkan bahwa manusia cenderung belajar dan mencoba untuk malas, tidak sabar, dan skeptis dari orang lain. Hasil ini hanya disadari oleh 19 persen partisipan, lho. [KK/*]

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI