Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Mahasiswa yang akan menjalani Kuliah Kerja Lapangan dan Profesi (KKLP) Fakultas Syariah dan Hukum Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone diwanti-wanti agar senantiasa ikut merawat kerukunan dan moderasi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Rektor IAIN Bone Prof. A. Nuzul, SH., MHum saat menghadiri pembekalan KKLP Fakultas Syariah dan Hukum Islam di gedung Aula Utama IAIN Bone, Jum’at (28/02/2020).

Prof Nuzul mengatakan, lingkungan masyarakat yang majemuk, memiliki perbedaan pendapat dan keyakinan tapi tetap hidup rukun. Tugas mahasiswa adalah ikut merawat kerukunan itu.

“Mahasiswa itu terjun mengamati kondisi masyarakat, menyelesaikan masalah mereka bukan malah menambah masalah,” jelasnya.

“KKLP ini mengajarkan mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh salama perkuliahan sehingga menjadi insan akademis yang profesional,” tambahnya.

Salah satu Mahasiswa IAIN Bone Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI), Rizki, berharap melalui pembekalan KKLP tersebut dapat lebih mempersiapkan diri Mahasiswa.

Baca Juga :   Kepala PPM UIN Alauddin Makassar Jemput Mahasiswa KKN Tematik di Enrekang

“Mudah-mudahan dengan diselenggarakannya pembekalan ini mahasiswa memperoleh informasi awal bagaimana keadaan lapangan dan apa-apa yang perlu disiapkan,” ujarnya.

Diketahui peserta dalam kegiatan yang berlansung dua hari ini berjumlah 230 mahasiswa. Prodi Hukum Tata Negara (HTN) sebanyak 111 mahasiswa dan HKI 119 mahasiswa. Nantinya para mahasiswa akan dilepas ke posko masing-masing selama dua bulan, 02 Maret – 20 April 2020 mendatang.

Reporter: Abustan