ADV A1

Program S2 FETP Unhas Siapkan Lulusan Epidemiolog dalam Merespon dan Mengendalikan Pandemi

FAJAR Pendidikan

Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan Sosialisasi program S2 Field Epidemiology Training Programs (FETP), 20-21 Januari 2022.

Sosialisasi yang berlangsung dua hari ini ditujukan kepada para kepala institusi kesehatan yang menjadi lokasi lapangan mahasiswa dan para supervisor lapangan, bertempat di Hotel Four Points Sheraton Makassar.

Universitas Hasanuddin menjadi salah satu diantara 5 universitas yakni Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Udayana yang mengelola Program FETP di Indonesia.

FETP FKM Unhas banyak mendidik mahasiswa yang berasal dari Kawasan Timur Indonesia.

Ketua Program FETP Unhas Ansariadi, Ph.D menyampaikan bahwa Pendidikan Magister (S2) FETP memiliki keunikan dibanding pendidikan magister di bidang kesehatan lainnya.

FETP mengombinasikan kuliah di kampus 30% dengan kegiatan magang di lapangan sebesar 70%.

BACA JUGA :   Sosialisasi Pendampingan Tata Kelola Dinkes Torut oleh Tim FKM Unhas

“Kegiatan lapangan yang dilakukan meliputi Evaluasi Sistem Surveilans, Investigasi wabah, evaluasi program dan riset epidemiologi,” ujar Ansariadi.

Lebih lanjut Ansariadi menjelaskan peran FETP Unhas yang akan dilakukan.

“Kegiatan lapangan yang nantinya dilakukan oleh mahasiswa S2 diharapkan mampu membantu Dinas Kesehatan Kab/Kota dan Instansi lainnya dalam memperbaiki sistem surveilans dan melakukan investigasi dan pengendalian pandemi khususnya Covid-19 yang sementara ini melanda semua wilayah.

Jumlah mahasiswa FETP yang akan diturunkan sebanyak 12 orang yang diturunkan di beberapa Kabupaten/Kota, Mahasiswa tersebut akan didampingi oleh Pembimbing lapangan yang merupakan alumni FETP,” jelas Ansariadi.

Sementara itu, Dekan FKM Unhas Dr. Aminuddin Syam menjelaskan harapannya terkait Program FETP FKM Unhas ini.

BACA JUGA :   FKM Unhas Gelar Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan di Dinkes Pinrang

“Melalui program FETP, mahasiswa nantinya bisa menjadi lulusan Epidemiolog yang handal dan terampil yang siap membantu pemerintah dalam pengendalian pandemi pada saat ini dan masa yang akan datang,” harap Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed dalam sambutannya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh tim dari FETP Indonesia yaitu Dr. dr. Hari Purnomo sebagai Residen advisor, Emita Ajis, SKM, MPH dari Subdit Surveilans Direktorat SKK Kementerian Kesehatan dan Amalya SKM, MScPH dari US-CDC Indonesia sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Program FETP Universitas Hasanuddin yang telah berjalan sejak tahun 2017.

Tim FETP Indonesia bertemu dengan mahasiswa FETP angkatan 2021 bersama para pembimbing lapangan dan pembimbing akademik mereka yang akan melakukan mentoring.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI